Rasa Penasaran Semakin Tinggi: Suara Dentuman Misterius di Sumenep Terus Diriset oleh Ahli Geologi

Rasa Penasaran Semakin Tinggi: Suara Dentuman Misterius di Sumenep Terus Diriset oleh Ahli Geologi

Baca Juga:

Suara Dentuman Misterius di Sumenep

Suara dentuman yang terjadi di Sumenep, Madura, Jawa Timur masih menyimpan banyak misteri. Hingga saat ini, penyebab suara dentuman yang membuat panik warga pada Sabtu (12/8/2023) pagi belum diketahui. BMKG telah menempatkan seismograf di Desa Moncek Tengah, Kecamatan Lenteng, lokasi suara dentuman itu terdengar. Berikut adalah fakta-fakta terungkap dari peristiwa itu, yang dirangkum pada Selasa (15/8/2023).

Terdengar di Pagi Hari

Suara dentuman yang didengar oleh warga Desa Moncek Tengah, Kecamatan Lenteng, Sumenep terjadi pada Sabtu (13/8/2023) pukul 09.00 WIB. Suara dentuman tersebut terus terdengar hingga pukul 12.00 WIB. Kejadian ini terjadi antara jam 9 pagi hingga jam 12 siang kemarin. Namun, saat ini suara tersebut tidak lagi muncul, katanya Camat Lenteng, Suryadi Irawan.

Warga Panik Berhamburan Keluar Rumah

Suara dentuman yang berasal dari dalam tanah membuat warga Desa Moncek Tengah, Kecamatan Lenteng, Sumenep panik hingga berhamburan keluar rumah. Beberapa warga yang rumahnya menjadi pusat dentuman bahkan pergi mengungsi karena merasa takut. “Kami mengimbau kepada masyarakat untuk mengungsi ke tempat yang lebih aman,” ujar Kasi Humas Polres Sumenep AKP Widiarti.

Polisi Pasang Garis Kuning di Pusat Dentuman

Polisi segera memasang garis kuning di sekitar lokasi yang menjadi pusat suara dentuman. Meskipun suara dentuman tidak lagi terdengar, polisi dan petugas BPBD Jatim tetap berjaga di lokasi. “Setelah kejadian, kami tetap bersiaga di tempat kejadian perkara,” kata petugas BPBD Jawa Timur, Andy Widyanto.

BMKG Pasang Seismograf

Penyebab suara dentuman di Sumenep, Madura, Jawa Timur masih belum diketahui. Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) turun ke lokasi untuk melakukan pengecekan. Mereka memasang seismograf di Desa Moncek, Kecamatan Lenteng, yang menjadi pusat suara dentuman untuk mendeteksi getaran dan gempa. “Alat ini digunakan untuk mendeteksi getaran gempa dan tanah. Saat ini alat tersebut dipasang di lokasi-lokasi yang bergetar,” kata Koordinator Observasi dan Informasi BMKG, Tretes Suwarto.

Ahli Geologi Selidiki Asal Suara Dentuman

Selain BMKG, ahli geologi juga turun ke lokasi untuk mendeteksi asal-muasal suara dentuman misterius di Desa Moncek, Kecamatan Lenteng, Sumenep, Madura. Salah satunya adalah ahli geologi dari Institut Teknologi Nasional (ITN) Malang.

Baca Juga: