Meningkatkan Kepercayaan Diri dalam Pidato Persuasif: Tips and Trick yang Dilakukan Publik Speaker Sukses” (Penutup)

Meningkatkan Kepercayaan Diri dalam Pidato Persuasif: Tips and Trick yang Dilakukan Publik Speaker Sukses” (Penutup)

Sharing is caring!

Baca Juga:

Contoh Pidato Persuasif tentang Bahaya Narkoba

# Pembukaan

Selamat Siang, salam sejahtera dan semoga kita semua tetap dalam lindungan Tuhan yang Maha Esa. Yang saya hormati, Ibu Kepala SMA Negeri 1, seluruh staf guru dan juga teman-teman yang sayang kasihi. Puji dan syukur kita panjatkan kehadirat Allah SWT karena telah melimpahkan rahmat dan karunia-Nya sehingga kita dapat hadir dan berkumpul disini pada kesempatan ini saya akan menyampaikan pidato singkat saya mengenai narkoba. Narkoba merupakan permasalahan yang serius di Indonesia, keberadaannya yang disalahgunakan mengkhawatirkan banyak pihak. Bahkan kondisi korban yang terjebak narkoba sangat memprihatinkan. Narkoba adalah salah satu perusak masa depan anak muda yang sebenarnya masih memiliki jalan yang panjang.

# Isi

Menutup mata rapat-rapat terhadap barang haram ini adalah satu-satunya jalan untuk menghindarinya, karena sedikit saja coba-coba makan bisa terjebak ke dalam lubang hitam yang akan menyiksa kita secara fisik maupun psikis. Bagaimana tidak? sekali mencoba narkoba maka barang ini akan terus-menerus menghantui kita setiap hari, setiap jam, bahkan setiap detik! Karena narkoba adalah zat adiktif yang artinya tubuh kita akan terus memintanya saat telah mencicipinya. Bukan berarti tubuh kita benar-benar menginginkannya, tetapi narkobalah yang memanipulasi tubuh kita untuk terus mengonsumsinya, sementara narkoba merusak tubuh kita. Tak berhenti di situ, narkoba juga akan menyerang secara psikis. Artinya, hati kita akan terus dibuat gelisah jika belum mencicipinya, membuat gelap mata hingga dapat melakukan tindak kekerasan pada orang-orang sekitar kita. Korban narkoba bukan hanya kita sendiri melainkan orang-orang terdekat yang peduli terhadap kita. Bayangkan perasaan orang tua anda melihat anda menderita karena narkoba. Mereka tidak akan sanggup melihat kita menderita, mereka juga akan mendapatkan stigma buruk dari masyarakat untuk seumur hidup! Sudah cukup rasanya tiga juta orang di Indonesia yang telah terjebak dalam jeratan narkoba. Jumlah ini berdasarkan data yang dihimpun oleh BNN atau Badan Narkotika Nasional (BNN) pada 2019 dan kemungkinan datanya terus bertambah.

# Penutup

Oleh karena itu saya menyatakan dengan tegas, jauhi benda haram ini! Bukan hanya masalah hukum, tapi narkoba benar-benar memiliki dampak destruktif dan akan menghancurkan hidup Anda! Terima kasih.

Contoh Pidato Persuasif tentang Budaya Membaca

# Pembuka

Asalamualaikum wr. wb.. Salam sejahtera. Di pagi yang cerah ini, marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT, yang telah mengizinkan kita untuk berkumpul bersama. Teman-teman yang saya sayangi, sebagai seorang pelajar, sudah selayaknya kita semua mencintai ilmu pengetahuan yang sebagian besarnya tertuang dalam buku-buku. Buku merupakan jendela ilmu karena dari sanalah kalian akan meraup banyak sekali wawasan, ilmu dan pengetahuan.

# Isi

Semua tokoh besar nasional maupun dunia pasti punya kegemaran membaca. Contohnya Bapak BJ Habibie yang di perpustakaan pribadinya mengoleksi 5.000 buku.

# Penutup

Teman-teman, apabila selama ini kalian banyak menghabiskan waktu luang untuk bermain game atau bersenda gurau belaka, maka mulai sekarang alihkanlah untuk membaca buku. Semoga dengan gemar membaca buku, kalian menjadi orang-orang yang lebih bermanfaat. Terima kasih, wasalamualaikum wr. wb..

Contoh Teks Pidato Persuasif tentang Lingkungan

# Pembukaan

Asalamualaikum wr. wb.. Yang terhormat Bapak/Ibu Guru yang kami hormati dan teman-temanku semua yang saya sayangi. Pertama-tama marilah kita panjatkan puji dan syukur kita ke hadirat Allah Swt. karena berkah dan karunia-Nya kita bisa bertatap muka di sini. Bapak/Ibu guru dan teman-teman yang saya cintai, sebelum saya memulai pidato ini, saya akan mengingatkan tentang slogan-slogan yang menempel di hampir setiap koridor sekolah kita, di antaranya Bersih pangkal sehat, Kebersihan adalah sebagian dari iman, Jagalah kebersihan. Akan tetapi, apakah slogan-slogan tersebut telah menggugah kita untuk mengamalkannya?

# Isi

Sering kali kita melihat murid-murid yang membuang sampah sembarangan, baik itu berupa kertas-kertas bekas maupun bungkus-bungkus bekas jajanan mereka.Tentu kita sebagai warga sekolah tidak mau melihat sampah tersebut berserakan di mana-mana. Demi tercapainya lingkungan yang bersih dan nyaman di tempat kita belajar, perlu sekali dilakukan tindakan yang bersifat mengajak kesadaran kepada setiap siswa untuk menjaga kebersihan yang bersifat mengatasi masalah di atas. Dengan tindakan disiplin, diharapkan para pendidik mampu menyadarkan siswa untuk menjaga kebersihan di lingkungan sekolahnya.

# Penutup

Sebagai penutup saya ingin mengajak semua teman-teman untuk saling bahu membahu menjaga lingkungan sekolah agar selalu bersih sehingga kita bisa belajar dengan nyaman dan sehat. Wasalamualaikum wr. wb..

Contoh Pidato Persuasif tentang Bersatu Lawan Covid-19

# Pembukaan

Asalamualaikum wr. wb.. Bapak, Ibu, dan saudara-saudara sebangsa dan setanah air, saat ini 209 negara di dunia termasuk negara kita Indonesia sedang menghadapi tantangan yang tidak pernah terbayangkan sebelumnya. Masa yang berat bagi kehidupan kita, bahkan pandemi Covid-19 ini

Baca Juga: