Wang Yi Kembali Menduduki Posisi Menteri Luar Negeri Usai Dicopot dengan Cepat

Wang Yi Kembali Menduduki Posisi Menteri Luar Negeri Usai Dicopot dengan Cepat

“Menteri Luar Negeri China, Qin Gang, tiba-tiba dicopot dari jabatannya setelah menghilang dari pandangan publik dalam waktu yang lama. Posisinya kemudian diisi kembali oleh Wang Yi, yang sebelumnya menjabat sebagai menteri luar negeri dari 2013 hingga 2022. Pengumuman resmi mengenai pergantian menteri ini dilakukan setelah badan pengambil keputusan tertinggi parlemen China menyetujuinya. Pada Selasa (25/7/2023), dilakukan pertemuan mendadak yang menandai terjadinya pergantian ini, melanggar tata tertib biasa yang lebih teratur.”

Baca Juga:

Kepemimpinan Kebijakan Luar Negeri China Diguncangkan dengan Pergantian Menteri

Menteri Luar Negeri China, Qin Gang, tiba-tiba dicopot dari jabatannya setelah menghilang dari pandangan publik dalam waktu yang lama. Posisinya kemudian diisi kembali oleh Wang Yi, yang sebelumnya menjabat sebagai menteri luar negeri dari 2013 hingga 2022. Pengumuman resmi mengenai pergantian menteri ini dilakukan setelah badan pengambil keputusan tertinggi parlemen China menyetujuinya. Pada Selasa (25/7/2023), dilakukan pertemuan mendadak yang menandai terjadinya pergantian ini, melanggar tata tertib biasa yang lebih teratur.

Alasan Kepergian Qin Gang Belum Dijelaskan

Laporan CNN menyebutkan bahwa alasan kepergian Qin Gang belum dijelaskan, namun pihak berwenang mengonfirmasi bahwa Wang Yi kembali mengisi jabatan tersebut. Sebelumnya, Qin Gang baru-baru ini diangkat sebagai menteri luar negeri pada bulan Desember 2022, setelah sebelumnya menjabat sebagai duta besar China untuk Amerika Serikat. Keberadaannya yang menghilang begitu lama menjadi misterius dan menyebabkan spekulasi, terutama dalam keterbukaan politik yang terbatas di China. Ketika Qin tidak hadir dalam pertemuan diplomatik beberapa waktu lalu, Kementerian hanya memberikan alasan kesehatan, tetapi tanggapan tersebut tidak tercantum dalam transkrip resmi briefing di situs web kementerian.

Pengembalian Wang Yi sebagai Menteri Luar Negeri

Pengembalian Wang Yi sebagai menteri luar negeri disahkan dalam pertemuan parlemen dan diharapkan akan mengembalikan stabilitas dalam kebijakan luar negeri China, terutama dalam menjalankan diplomasi penting setelah keluar dari masa isolasi akibat pandemi. Qin Gang sebelumnya memiliki peran penting dalam upaya perbaikan komunikasi antara China dan Amerika Serikat, termasuk pertemuan dengan Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken beberapa waktu lalu. Sekarang, peran tersebut kembali diemban oleh Wang Yi, yang juga merupakan Direktur Cabang Urusan Luar Negeri Partai Komunis China, menjadikannya diplomat utama di negara ini.

Baca Juga: