Tiga Hari Puasa Muharram 2023, Ini Tanggalnya

Tiga Hari Puasa Muharram 2023, Ini Tanggalnya

Baca Juga:

Bulan Muharram: Tradisi Puasa Asyura dan Tasua

Bulan Muharram adalah salah satu bulan suci dalam tradisi Islam bersama Dzulqa’dah, Dzulhijjah, dan Rajab. Umat Islam mengenal dua peristiwa penting dalam bulan ini, yaitu tahun baru hijriyah pada tanggal 1 Muharram dan Hari Asyura setiap tanggal 10 Muharram. Pada tahun 2023, bulan Muharram jatuh pada tanggal 19 Juli.

Asyura: Adaptasi Tradisi dari Umat Yahudi?

Puasa Asyura memiliki asumsi bahwa tradisi ini berasal dari praktik ibadah umat Yahudi. Pada tanggal yang sama dengan puasa Asyura yang dianjurkan Nabi Muhammad, umat Yahudi juga melakukan puasa. Namun, tradisi puasa Muharram dalam Islam memiliki latar belakang yang berbeda dengan puasa orang Yahudi.

Alasan dan Makna Puasa Asyura

Puasa Asyura dilakukan oleh orang-orang Quraisy dan diwarisi dari ajaran Nabi Ibrahim yang masih bertahan. Selain itu, Nabi Muhammad memberikan pembedaan dengan puasa orang Yahudi dengan anjuran puasa tasuah (9 Muharram), sehari sebelum puasa Asyura. Pada tanggal 10 Muharram, juga dilakukan penutupan kiswah Ka’bah.

Tanggal Puasa Muharram 2023

Dalam bulan Muharram, terdapat tiga jenis puasa yang dianjurkan. Pertama, puasa pada hari kesepuluh (Asyura) yang diikuti dengan puasa sehari sebelumnya (tanggal 9) dan sesudahnya (tanggal 11). Kedua, puasa pada hari kesembilan (Tasua) dan kesepuluh (Asyura). Ketiga, puasa hanya pada hari kesepuluh (Asyura) saja. Berdasarkan penjelasan tersebut, umat Islam dapat berpuasa pada tanggal 9, 10, dan 11 Muharram atau hanya pada tanggal 9 dan 10 Muharram.

Puasa Muharram di tahun 2023 dapat dilakukan pada tanggal 27, 28, dan 29 Juli 2023. Umat Islam di Indonesia dianjurkan untuk berpuasa sesuai dengan tradisi dan ajaran agama Islam.

Baca Juga: