Terungkap, Karyawan OceanGate Dipecat Setelah Temukan Masalah Keamanan pada Kapal Selam yang Hilang

Terungkap, Karyawan OceanGate Dipecat Setelah Temukan Masalah Keamanan pada Kapal Selam yang Hilang

Kapal Selam Titan Hilang, Ahli Keamanan Soroti Kecurigaan Terkait Desain

Kapal selam Titan milik OceanGate Expeditions hilang pada Minggu (18/6/2023) saat melakukan perjalanan penyelaman untuk melihat bangkai Titanic di kedalaman laut. Namun, para ahli industri dan whistleblow memperhatikan keamanan kapal selam tersebut, khususnya terkait desain yang belum tersertifikasi oleh badan pengawas industri kapal selam. Hal ini juga menjadi fokus perhatian setelah surat dari ketua komite peer-review group Marine Technology Society (MTS) tentang kapal selam berawak, Will Kohnen, telah dilayangkan pada Maret 2018, yang kemudian membicarakannya dengan pendiri dan CEO OceanGate Stockton Rush.

OceanGate Dinilai Tak Mengejar Proses Sertifikasi Standar Industri

Menurut surat tersebut, ada kekhawatiran bahwa pendekatan eksperimental yang diambil oleh OceanGate dalam desain, fabrikasi, dan pengujian kapal selam Titan, dapat menghasilkan hasil negatif yang akan berbahaya bagi semua orang dalam industri tersebut. Lebih lanjut, suatu tuntutan hukum pada 18 Januari 2018 yang dilayangkan oleh mantan karyawan OceanGate, David Lochridge, mengkhawatirkan bahan yang digunakan di lambung kapal dan kurangnya pengujian untuk mengukur kemampuan lambung kapal dalam menahan tekanan permukaan laut yang dalam.

Risiko Keselamatan Titan Dipertanyakan Oleh Para Ahli

Seorang jurnalis CBS News pun melaporkan bahwa surat pernyataan yang harus dia tandatangani sebelum naik Titan, mengidentifikasinya sebagai “kapal selam eksperimental yang belum disetujui atau disertifikasi oleh badan pengawas mana pun yang dapat mengakibatkan cedera fisik, trauma emosional atau kematian.” Meski OceanGate memberi tahukan penumpang tentang sifat eksperimental Titan, Keamanan kapal selam Titan tetap menjadi perhatian penting bagi para ahli industri.

Upaya Pencarian Titan Masih Sebatas Operasi Darurat

Hingga kini, pencarian Titan yang dilakukan tim penyelam masih belum membuahkan hasil. Padahal, persediaan oksigen dalam kapal selam tersebut dengan lima orang di dalamnya, diperkirakan akan habis pada Kamis (22/6/2023) pagi. OceanGate, American Bureau of Shipping (ABS), dan DNV belum memberikan komentar terkait kekhawatiran para ahli akan keamanan kapal selam Titan. Hal ini memperlihatkan bahwa keselamatan kapal selam memiliki risiko tinggi yang perlu diperhatikan untuk mencegah terjadinya bencana dan kerugian fisik dan materi.