Tak Sabar Menanti Bulan Puasa? Simak Jadwal Puasa Ramadhan 2023 dan Doa Menyambutnya!

Tak Sabar Menanti Bulan Puasa? Simak Jadwal Puasa Ramadhan 2023 dan Doa Menyambutnya!

Sharing is caring!

Baca Juga:

Jadwal Puasa Ramadhan 2023

Pemerintah Akan Gelar Sidang Isbat pada 22 Maret 2023
Pada Rabu, 22 Maret 2023, Kementerian Agama akan melakukan sidang isbat untuk menentukan awal Puasa Ramadhan 2023. Sidang isbat ini akan memutuskan apakah puasa Ramadhan akan dimulai pada Kamis, 23 Maret 2023. Keputusan resmi ini masih harus menunggu hasil sidang isbat tersebut.

Aturan Puasa Ramadhan dalam Islam

Puasa Ramadhan merupakan ibadah yang wajib bagi setiap muslim yang sudah mukallaf. Hal ini didasarkan pada Surat Al Baqarah ayat 183, di mana Allah SWT berfirman bahwa puasa Ramadhan ditetapkan untuk umat sebelumnya agar mereka bisa bertaqwa.

Keputusan Muhammadiyah dan Nahdlatul Ulama

Hingga saat ini, Muhammadiyah telah memutuskan bahwa awal Ramadhan 2023 jatuh pada Kamis tanggal 23 Maret 2023. Namun, Nahdlatul Ulama biasanya akan menunggu hasil sidang isbat sebelum menentukan awal puasa. Meski demikian, berdasarkan kalender NU yang diterbitkan oleh Lembaga Lajnah Fakaliyah NU, awal puasa Ramadhan 2023 juga jatuh pada hari yang sama, yakni Kamis, 23 Maret 2023.

Membaca Doa Menyambut Ramadhan

Sebagai persiapan menyambut bulan suci Ramadhan, muslim dianjurkan untuk membaca doa sebagai bentuk syukur. Salah satu doa yang bisa dibaca adalah:

“Allahumma Sallimnii ilaa romadhoona wa sallim lii romadhoona wa tasallamhu minni mutaqobbalan” – Artinya: Ya Allah, antarkanlah aku hingga sampai Ramadhan, dan antarkanlah Ramadhan kepadaku, dan terimalah amal-amalku di bulan Ramadhan.

Doa Lainnya untuk Menyambut Ramadhan

Terdapat juga doa lain yang dapat dibaca saat menyambut bulan Ramadhan. Berikut doa yang dikutip oleh Imam Nawawi:

“Allahumma ahillaahu ‘alaina bilamni wal iimaani, wasalaamati wal islaami wattaufiiqi limaa nuhibbu wa tardhii robbana wa robbukallahu.” – Artinya: Ya Allah, jadikanlah hilal itu bagi kami dengan membawa keamanan dan keimanan, keselamatan dan Islam, dan berikanlah kami taufiq agar kami menuju apa yang Engkau cintai dan Engkau ridhai. Wahai bulan, Engkau adalah Tuhan kami dan Tuhan kamu.

Doa untuk Dipertemukan dengan Ramadhan

Sebelum Ramadhan tiba, terdapat juga doa yang dapat dibaca untuk memohon agar bisa dipertemukan dengan bulan suci ini. Berikut doa tersebut:

“Allahumma baariklanaa fii rajaba wasya’baana waballighna ramadhoona.” – Artinya: Ya Allah, berkahilah kami pada bulan Rajab dan bulan Syaban, dan pertemukanlah kami dengan bulan Ramadhan.

Kesimpulan

Jadwal Puasa Ramadhan 2023 belum resmi ditentukan oleh Kementerian Agama. Namun, Muhammadiyah telah memutuskan bahwa puasa Ramadhan 2023 akan dimulai pada Kamis, 23 Maret 2023. Sedangkan, berdasarkan kalender NU, awal puasa juga jatuh pada hari yang sama. Sebagai persiapan menyambut Ramadhan, muslim dianjurkan untuk membaca doa-doa tertentu.

Baca Juga: