Reshuffle Lagi, Berikut Daftar Menteri hingga Wamen yang Akan Dilantik Jokowi Hari Ini

Reshuffle Lagi, Berikut Daftar Menteri hingga Wamen yang Akan Dilantik Jokowi Hari Ini

Baca Juga:

Pelantikan Menteri dan Wakil Menteri Kabinet Indonesia Maju Dilakukan Hari Ini

Presiden Joko Widodo akan melakukan perombakan kabinet pada hari Senin (17/7/2023). Beberapa nama menteri dan wakil menteri akan dilantik di Istana Negara, Jakarta. Pelantikan ini merupakan bagian dari upaya Presiden untuk memperbarui struktur kabinet guna mencapai visi Indonesia Maju.

Nama-Nama Pejabat yang Akan Dilantik

Beberapa nama yang dikabarkan akan dilantik antara lain Budi Arie Setiadi sebagai Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Paiman Raharjo sebagai Wakil Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi, serta Pahala Mansury sebagai Wakil Menteri Luar Negeri. Selain itu, Rosan Roeslani, Duta Besar RI untuk Amerika Serikat (AS), akan menjadi Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Mantan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama Kusubandio akan ditunjuk sebagai Dubes RI untuk AS. Gandi Sulistiyanto Soeherman akan menjadi Duta Besar Luar Biasa Berkuasa Penuh (LBBP) Republik Indonesia untuk Republik Korea yang berkedudukan di Seoul. Sunarta akan menjadi Wakil Jaksa Agung, Moeldoko menjadi Menteri Pertanian, Andika Perkasa menjadi Kepala Staf Kepresidenan, dan Saiful Rahmat Dasuki akan menjadi Wakil Menteri Agama (Wamenag).

Tanggal dan Tempat Pelantikan

Pelantikan Menteri dan Wakil Menteri Kabinet Indonesia Maju sisa masa jabatan periode tahun 2019 – 2024 akan dilakukan pada hari Senin, tanggal 17 Juli 2023, pukul 10.00 WIB. Acara tersebut akan berlangsung di Istana Negara, Jakarta. Berdasarkan undangan yang beredar, pelantikan ini merupakan salah satu momen penting yang menandai perubahan struktur pemerintahan yang dilakukan oleh Presiden.

Upaya Meningkatkan Kinerja Kabinet

Perombakan kabinet yang dilakukan oleh Presiden Jokowi ini bertujuan untuk meningkatkan kinerja pemerintahan dan merespons aspirasi masyarakat. Melalui pengangkatan beberapa nama baru, diharapkan akan ada ide-ide segar dan strategi baru dalam mengatasi berbagai tantangan yang dihadapi oleh negara ini. Presiden berharap kabinet yang baru akan lebih efektif dan efisien dalam menjalankan tugas-tugasnya serta mampu mewujudkan pembangunan yang berkelanjutan bagi Indonesia.

Respons dari Masyarakat

Pelantikan kabinet yang dilakukan oleh Presiden Jokowi ini mendapatkan beragam respons dari masyarakat. Ada yang menyambut positif perombakan ini sebagai langkah yang baik untuk melakukan perbaikan dalam pemerintahan. Namun, ada juga yang mengkritik perombakan tersebut karena dianggap sebagai bentuk politik kekuasaan yang tidak memberikan dampak yang signifikan bagi kemajuan negara.

Harapan untuk Kabinet Baru

Harapan besar kini terletak pada kabinet baru yang akan dilantik. Masyarakat berharap bahwa menteri dan wakil menteri yang baru akan mampu melakukan perubahan nyata dalam berbagai sektor, termasuk ekonomi, pendidikan, kesehatan, dan lingkungan. Harapannya adalah agar kabinet baru ini mampu mempercepat pembangunan infrastruktur, meningkatkan kesejahteraan rakyat, dan menjaga stabilitas negara.

Kesimpulan

Pelantikan Menteri dan Wakil Menteri Kabinet Indonesia Maju dilakukan hari ini oleh Presiden Joko Widodo. Sejumlah nama pejabat terpilih akan dilantik di Istana Negara, Jakarta. Perombakan kabinet ini diharapkan dapat meningkatkan kinerja pemerintahan dan merespons aspirasi masyarakat. Harapan besar terletak pada kabinet baru ini untuk membawa perubahan nyata dalam pembangunan negara.

Baca Juga: