Raja Tambang Emas: Inilah Daftar Negara yang Memimpin Pasar Global

Raja Tambang Emas: Inilah Daftar Negara yang Memimpin Pasar Global

Baca Juga:

10 Negara Produsen Emas Terbesar di Dunia

Emas merupakan logam mulia dengan nilai yang sangat tinggi. Setiap tahun, harga emas cenderung meningkat sehingga banyak orang memilihnya sebagai investasi. Hal ini membuat negara-negara berlomba-lomba mencari lokasi penambangan baru untuk mendapatkan emas. World Gold Council merilis daftar 45 negara penghasil emas tertinggi di dunia. Berikut adalah 10 negara terbesar dalam menyumbangkan kebutuhan emas di dunia.

1. Cina

Cina menjadi kontributor produksi emas global sebanyak 332 ton, atau sekitar 9 persen dari total produksi. Meskipun mengalami penurunan dari tahun sebelumnya, Cina masih memegang peringkat pertama sebagai produsen terbanyak logam mulia di dunia.

2. Rusia

Rusia menempati posisi kedua dengan hasil penambangan emas sebanyak 330,9 ton. Sebagian besar emas di Eropa berasal dari Rusia dan sekitar dua pertiga dari total produksi emas lokal dibeli oleh pemerintah dalam negeri.

3. Australia

Australia menempati peringkat ketiga sebagai negara penghasil emas terbesar di dunia. Selama tujuh tahun berturut-turut, Australia mencatat peningkatan hasil pertambangan emas. Jumlah total ekstraksi emas mencapai 315,1 ton, dengan produksi tertinggi berada di Mount Morgans dan Cadia Valley.

4. Kanada

Kanada berhasil menyalip Amerika Serikat dengan jumlah penambangan emas sebesar 192,9 ton. Proyek-proyek baru di Nunavut, Quebec, dan Yukon diprediksi akan mendukung peningkatan produksi emas pada tahun-tahun berikutnya.

5. Amerika Serikat

Amerika Serikat berada di urutan kelima dengan ekstraksi emas sebesar 186,8 ton. Produksi emas terbesar dilakukan di Nevada dengan persentase sekitar 78 persen.

6. Ghana

Ghana merupakan negara penghasil emas terbesar di Afrika dan menempati peringkat keenam di dunia. Total kebutuhan emas global dipenuhi oleh Ghana sebesar 129,2 ton. Selain itu, Ghana juga menjadi pusat cadangan mineral yang beragam.

7. Peru

Pertambangan merupakan sektor ekonomi utama di Peru. Namun, operasi ekstraksi emas ilegal dan nilai proyek yang rendah menyebabkan hasil produksinya mengalami penurunan. Pada akhir tahun 2021, jumlah output emas dari Peru mencapai 127,3 ton.

8. Meksiko

Meskipun produksinya terus menurun karena konflik antara masyarakat lokal dan kontraktor, Meksiko tetap menjadi negara produsen emas yang kompetitif. Hasil ekstraksi emas di negara ini sebanyak 124,5 ton. Selain itu, Meksiko juga diklaim sebagai tempat pertambangan dengan biaya regulasi rendah.

9. Indonesia

Indonesia menduduki peringkat kesembilan dengan total produksi emas sebesar 117,5 ton. PT Freeport Indonesia mengelola lokasi tambang emas tertinggi dan terbesar di dunia di Indonesia. Negara ini bertanggung jawab atas tiga persen kebutuhan emas global.

10. Afrika Selatan

Afrika Selatan masuk dalam daftar negara penghasil emas terbesar di dunia dengan produksi sekitar 113,6 ton. Di negara ini terdapat tambang emas tertua dan terdalam di dunia, yaitu South Deep.

Baca Juga: