Proyek IKN Diprediksi Menyelesaikan Pembangunan Menuju Indonesia Emas di Hari Kemerdekaan Ke-100.

Proyek IKN Diprediksi Menyelesaikan Pembangunan Menuju Indonesia Emas di Hari Kemerdekaan Ke-100.

Baca Juga:

Target Pembangunan Infrastruktur Dasar IKN Tahap 1 di Kalimantan Timur

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menargetkan pembangunan infrastruktur dasar Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara Tahap 1 di Kalimantan Timur, termasuk bangunan kantor pemerintahan di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP), selesai pada 2024.

Progres Konstruksi Infrastruktur Dasar IKN Tahap 1

Ketua Satuan Tugas Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur IKN, Danis H Sumadilaga, mengatakan bahwa progres konstruksi infrastruktur dasar IKN Tahap 1 telah mencapai 38,1% hingga saat ini dan semua kegiatan masih berjalan sesuai jadwal (on schedule). Konstruksi infrastruktur dasar IKN Tahap 1 ini telah dimulai sejak tahun 2021, termasuk pembangunan Jalan Tol Akses IKN Tahap 1, Bendungan Sepaku Semoi, Istana Negara, dan Kantor Presiden.

Pembangunan IKN Tahap Kedua

Kementerian PUPR juga telah memulai pembangunan IKN tahap kedua. Tahap kedua meliputi proyek-proyek yang penandatanganan kontraknya dimulai pada April – Mei 2023, seperti gedung kementerian koordinator 2 dan rumah rusun ASN IKN.

Fokus Pembangunan IKN Pada Tahun 2024

Beberapa infrastruktur dasar IKN yang utamanya akan selesai pada 2024 adalah pemenuhan kebutuhan air bersih dan peningkatan konektivitas ke kawasan IKN. Untuk pemenuhan kebutuhan air bersih, Bendungan Sepaku Semoi dan Intake Sepaku tengah dalam proses penyelesaian. Selain itu, Sistem Penyediaan Air Minumnya juga ditargetkan dapat mulai didistribusikan ke beberapa kawasan di IKN pada 2024. Sementara untuk konektivitas, sedang dilakukan pembangunan Jalan Tol menuju Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) IKN, yang akan mempersingkat jarak tempuh dari Balikpapan menuju Kawasan Inti IKN menjadi hanya sekitar satu jam.

Progres Pembangunan Jalan Tol IKN

Pembangunan Jalan Tol IKN saat ini sudah berjalan pada tiga seksi, yaitu Seksi 3A Karangjoang-KKT Kariangau sepanjang 13,4 km, Seksi 3B KKT Kariangau-Simpang Tempadung sepanjang 7,32 km, dan Seksi 5A Simpang Tempadung-Jembatan Pulau Balang sepanjang 6,67 km. Progres pada Segmen 3A mencapai 12,33%, pada Seksi 3B mencapai 30,11%, dan pada Seksi 5A mencapai 37,39%. Ketiga seksi ini ditargetkan rampung pada pertengahan tahun 2024, sekitar bulan Juni atau Juli.

Rencana Pengembangan Jalan Tol IKN Selanjutnya

Seksi 6A Riko-Rencana Outer Ring Road IKN dan Seksi 6B Rencana Outer Ring Road-Simpang 3 ITCI saat ini sedang dalam proses lelang paket pekerjaan. Sementara itu, Seksi 1 ruas Bandara Sepinggan-Tol Balikpapan-Samarinda (Balsam) akan dilakukan lelang pada Oktober 2023 dengan target kontrak pada Desember 2023. Seksi 5B-1 Segmen Jembatan Pulau Balang – Simpang Rencana Bandara VVIP serta Seksi 5B-2 Simpang Rencana Bandara VVIP Riko akan mulai lelang pada September 2023 dengan target kontrak pada November 2023.

Transformasi Pembangunan IKN

Pembangunan IKN merupakan kesempatan yang baik untuk menata kota sesuai dengan teori, aturan, dan sebagainya sejak awal. Pembangunan IKN ini direncanakan hingga tahun 2045 dengan harapan Indonesia menjadi Negara emas atau Negara maju. Pembangunan IKN tidak hanya berfokus pada pembangunan fisik, tetapi juga melibatkan transformasi kehidupan dan transformasi pekerjaan terutama dalam pemanfaatan teknologi. IKN merupakan sarana perubahan yang lebih baik bagi Indonesia sejak merdeka hingga di 2045 tepat 100 tahun Indonesia merdeka. Hal ini merupakan kesempatan yang langka yang tidak boleh dilewatkan.

Baca Juga: