Prestasi Masyarakat AS: Rudal Hipersonik AGM-183A Ditembakkan Sukses dari Pesawat B-52

Prestasi Masyarakat AS: Rudal Hipersonik AGM-183A Ditembakkan Sukses dari Pesawat B-52

Baca Juga:

AS Melakukan Uji Coba Rudal Hipersonik ARRW

AS kembali melakukan uji coba rudal hipersonik Senjata Respons Cepat Peluncuraan Udara (ARRW) setelah kegagalan pada Maret lalu. Uji coba dilakukan dengan meluncurkan rudal AGM-183A dari pesawat pengebom B-52H Stratofortress Angkatan Udara AS pada 19 Agustus di lepas pantai California selatan.

Fokus Uji Coba dan Hasil yang Diperoleh

Tujuan pengujian adalah untuk mengetahui keseluruhan kinerja ARRW. Dari hasil uji coba tersebut, Angkatan Udara AS memperoleh pengetahuan baru yang berharga tentang kemampuan rudal tersebut. Meskipun tidak dijelaskan apakah pengujian berhasil atau tidak, mereka menyatakan bahwa mendapat wawasan baru yang sangat berharga.

Perluasan Program Pengembangan Rudal Hipersonik

Selain itu, pengujian ini juga bertujuan untuk memperluas serangkaian program seperti ARRW dan HACM. Para ahli akan menggunakan data yang diperoleh dari pengujian ini untuk meningkatkan kemampuan uji coba dan melakukan evaluasi lanjutan dalam pengembangan rudal hipersonik.

Kegagalan Uji Coba Sebelumnya dan Tantangan yang Dihadapi

Pengujian ARRW sebelumnya pada Maret 2023 mengalami kegagalan. Hal ini membuat AS semakin bersemangat dalam persaingan dengan Rusia, China, dan Korea Utara dalam mengembangkan rudal hipersonik. Rudal hipersonik memiliki kecepatan yang sangat tinggi, membuatnya sulit untuk dicegat oleh sistem pertahanan udara yang ada saat ini.

Baca Juga: