Prabowo Subianto Raih Dukungan Resmi PAN-Golkar, Jokowi Terancam Kehilangan Suara

Prabowo Subianto Raih Dukungan Resmi PAN-Golkar, Jokowi Terancam Kehilangan Suara

Baca Juga:

PAN dan Golkar Mendeklarasikan Dukungan untuk Prabowo Subianto pada Pilpres 2024

Partai Amanat Nasional (PAN) dan Golkar telah resmi mendeklarasikan dukungannya untuk Prabowo Subianto pada Pilpres 2024 mendatang. Deklarasi kedua partai besar ini mengejutkan banyak kalangan, karena sebelumnya banyak yang percaya bahwa mereka akan mendukung Ganjar Pranowo dari PDIP Perjuangan.

Pengaruh Presiden Jokowi dalam Deklarasi PAN dan Golkar

Menurut pengamat politik Ujang Komarudin, merapatnya PAN dan Golkar ke Gerindra tidak terlepas dari pengaruh Presiden Joko Widodo, meskipun saat ini Jokowi tampaknya mendukung Ganjar Pranowo. Ujang mengatakan bahwa dirinya melihat adanya arahan dari Jokowi terkait koalisi ini.

Waktu Deklarasi Yang Sama

Ujang juga menambahkan bahwa dukungan yang diberikan oleh Golkar dan PAN terjadi pada waktu yang sama. Menurutnya, hal ini menunjukkan adanya arahan dari Jokowi, karena jika tidak ada arahan maka waktu deklarasi akan berbeda.

Tidak Ada Arahan dari Jokowi

Namun, Prabowo sendiri menyatakan bahwa tidak ada arahan khusus dari Jokowi terkait koalisi tersebut. Ia mengklaim bahwa tidak ada keterkaitan antara Jokowi dan bergabungnya kedua partai tersebut dalam penentuan capres.

Prabowo menekankan bahwa Jokowi sangat demokratis dan menghormati independensi serta hak setiap partai politik. Menurutnya, seharusnya ini menjadi hal yang perlu ditegaskan.

Kesimpulan

PAN dan Golkar secara mandiri menyatakan dukungannya terhadap Prabowo sebagai calon presiden pada Pilpres 2024. Meskipun ada spekulasi tentang pengaruh Jokowi dalam deklarasi ini, Prabowo menyatakan bahwa tidak ada arahan dari Jokowi terkait hal tersebut.

Baca Juga: