Perpaduan Harmonis: Spotify DJ Membawa AI ke 51 Negara untuk Mendukung Industri Musik.

Perpaduan Harmonis: Spotify DJ Membawa AI ke 51 Negara untuk Mendukung Industri Musik.

Baca Juga:

Spotify DJ Memperluas Jangkauan ke Lebih Banyak Negara

Spotify telah memperluas jangkauan fitur Spotify DJ hingga kini dapat diakses di 51 negara. Fitur Spotify DJ, yang didukung oleh AI, hadir untuk memberikan pengalaman menarik kepada pengguna aplikasi streaming audio tersebut.

Awalnya, versi beta dari Spotify DJ hanya tersedia di Kanada dan Amerika Serikat pada bulan Februari 2023. Kemudian, fitur ini juga diperluas ke Inggris dan Irlandia. Namun, pada bulan Agustus 2023, Spotify DJ sudah bisa dinikmati oleh pengguna di lebih banyak negara di Eropa, Asia, dan Afrika, termasuk Australia dan Selandia Baru.

Fitur Spotify DJ Memberikan Rekomendasi Lagu dengan Komentar DJ

Spotify DJ memberikan rekomendasi algoritmik tentang lagu-lagu yang seharusnya didengarkan, seperti halnya aplikasi streaming musik lainnya. Namun, yang membedakan adalah rekomendasi ini disertai dengan komentar DJ berbahasa Inggris yang dibuat oleh AI.

Dengan adanya fitur Spotify DJ, pengguna seakan-akan memiliki DJ pribadi yang mampu memberikan rekomendasi lagu yang disesuaikan sambil memberikan komentar. Suara AI yang digunakan berdasarkan sampel suara Xavier X Jernigan, Kepala Kemitraan Budaya Spotify.

Fitur Spotify DJ Dibuat dengan Menggabungkan Teknologi LLM dan Sonantic

Fitur Spotify DJ dibuat dengan menggabungkan teknologi model bahasa besar (LLM) milik OpenA serta platform pembuatan suara AI yang bernama Sonantic. Hanya pengguna Spotify Premium yang dapat mengakses fitur ini.

Pengguna di Beberapa Negara Puas dengan Adanya DJ Pribadi di Spotify

Pengguna di Amerika Serikat dan beberapa negara lain yang sudah memiliki akses ke fitur Spotify DJ, mengaku puas dengan kehadiran DJ pribadi di aplikasi mereka. Spotify menyatakan bahwa ketika pendengar mendengarkan komentar bersama rekomendasi musik pribadi dari DJ, mereka lebih bersemangat untuk mencoba sesuatu yang baru atau mendengarkan lagu-lagu yang mungkin terlewatkan.

Fitur Spotify DJ Tambah Daftar Negara yang Bisa Mengaksesnya

Spotify terus menambah daftar negara yang dapat mengakses fitur Spotify DJ. Mereka menemukan bahwa saat DJ diperkenalkan di pasar-pasar baru, pengguna cenderung mendengarkan lebih banyak musik, dengan penggemar menghabiskan hampir sepertiga waktu mereka untuk mendengarkan lagu-lagu yang direkomendasikan oleh DJ.

Daftar Negara yang Mendapatkan Akses Baru ke Fitur Spotify DJ

– Antigua
– Australia
– Bahama
– Barbados
– Barbuda
– Belize
– Botswana
– Burundi
– Kanada
– Dominika
– Eswatini
– Fiji
– Gambia
– Ghana
– Grenada
– Guyana
– Irlandia
– Jamaika
– Kenya
– Kiribati
– Lesotho
– Liberia
– Malawi
– Malta
– Kepulauan Marshall
– Namibia
– Nauru
– Selandia Baru
– Nigeria
– Pakistan
– Palau
– Papua Nugini
– Filipina
– Rwanda
– Saint Kitts dan Nevis
– Saint Lucia
– Saint Vincent dan Grenadines
– Samoa
– Sierra Leone
– Singapura
– Kepulauan Solomon
– Afrika Selatan
– Swedia
– Tanzania
– Tonga
– Uganda
– Inggris Raya
– Amerika Serikat
– Vanuatu
– Zambia
– Zimbabwe

Sayangnya, meskipun daftar negaranya cukup banyak, Indonesia belum masuk dalam daftar tersebut. Di harapkan Spotify dapat menyediakan fitur Spotify DJ ini di Tanah Air.

Baca Juga: