Mengupas Perbedaan dan Persamaan antara Puasa Tasua, Arafah, dan 11 Muharram dalam Islam

Mengupas Perbedaan dan Persamaan antara Puasa Tasua, Arafah, dan 11 Muharram dalam Islam

Baca Juga:

Keutamaan Puasa Tasua, Arafah, dan 11 Muharam

Puasa Tasua dilakukan pada tanggal 9 Muharram. Sementara itu, Puasa Asyura dilakukan pada tanggal 10 Asyura. Ada satu lagi puasa yang dianjurkan, yaitu puasa pada tanggal 11 Muharram.

Fakta Tentang Puasa Tasua

Bulan Muharram adalah bulan yang mulia dan istimewa. Semakin banyak puasa sunnah yang dilakukan, termasuk puasa sunnah Tasua, menurut Ustadz Ainul Yaqin, Wakil Ketua Majelis Dakwah dan Pendidikan Islam (Madani).

Imam Asy-Syafi’I juga menyebutkan dalam Al-Umm bahwa disunnahkan untuk berpuasa pada tiga hari berturut-turut yaitu tanggal 9, 10, dan 11 Muharram. Alasan pertama adalah sebagai bentuk kehati-hatian terkait perbedaan penentuan awal bulan Muharram. Alasan kedua adalah untuk mendapatkan pahala dalam melaksanakan puasa sunah tiga hari dalam sebulan.

Keutamaan Puasa Tasua

Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam pernah bersabda bahwa pahala berpuasa sunah tiga hari setiap bulan sama dengan pahala berpuasa satu tahun penuh.

Dilaksanakannya puasa Tasua juga berfungsi sebagai pembeda umat Islam dengan umat yang lainnya. Nabi Muhammad Shallallahu alaihim bersabda bahwa saat dia berpuasa Asyura dan memerintahkan para sahabatnya untuk berpuasa Asyura, para sahabat mengungkapkan keraguan mereka karena Asyura merupakan hari yang diagungkan oleh orang-orang Yahudi dan Nasrani. Namun, Rasulullah SAW menyatakan bahwa jika tahun depan tiba, mereka juga akan berpuasa pada tanggal 9 Muharram. Meskipun Nabi Muhammad SAW telah wafat sebelum tahun depan tiba, puasa Tasua tetap menjadi sunnah hammiyah dan identitas pembeda umat Islam.

Meneladani Para Sahabat dan Salafus Shalih

Menjalankan puasa Tasua adalah cara untuk meneladani para sahabat Nabi dan Salafus Shalih. Mereka menjalankan Sunnah Tasua sebagai bukti kecintaan mereka pada Sunnah-sunnah Nabi Muhammad SAW dalam mencapai keridhaan Allah Subhanahu wa ta’ala.

Keutamaan Puasa Selama Bulan Muharram

Semakin banyak puasa sunnah yang dilakukan selama bulan Muharram, termasuk puasa sunnah Tasua dan Asyura, maka semakin besar keutamaannya. Selain itu, dalam bulan ini juga dapat menjalankan puasa sunnah lainnya, seperti puasa Senin-Kamis dan Ayyamul bidh.

Baca Juga: