Manfaatkan Kesempatan untuk Berpuasa Asyura 2023 dan Raih Keberkahan Besar

Manfaatkan Kesempatan untuk Berpuasa Asyura 2023 dan Raih Keberkahan Besar

Baca Juga:

Puasa Asyura 2023: Kapan Dilaksanakan?

Puasa Asyura, yang dilaksanakan setiap tanggal 10 Muharram, merupakan salah satu amalan sunnah yang dianjurkan di Bulan Muharram. Untuk tahun 2023, Puasa Asyura jatuh pada hari Jumat, tanggal 28 Juli 2023. Sedangkan Puasa Tasua (9 Muharram) dilaksanakan sehari sebelumnya, yakni pada Kamis, 27 Juli 2023.

Mengenal Puasa Asyura

Puasa Asyura adalah ibadah puasa sunnah yang sudah disyariatkan dalam ajaran Nabi Muhammad SAW sebelum puasa Ramadhan. Namun, ketika Nabi hijrah ke Madinah, beliau melihat orang-orang Yahudi berpuasa pada hari Asyura. Nabi memerintahkan para sahabat untuk juga berpuasa pada hari tersebut, namun dengan menambahkan puasa satu hari sebelumnya (Tasua) atau satu hari setelahnya (11 Muharram). Hal ini dilakukan agar berbeda dengan praktek puasa orang-orang Yahudi.

Dasar Disyariatkannya Puasa Asyura

Disunnahkannya puasa pada tanggal-tanggal tersebut dapat dilihat dari dalil-dalil berikut ini. Dalam sebuah hadits yang diriwayatkan dari Ibnu Abbas, Rasulullah SAW pernah bertanya kepada orang-orang Yahudi mengenai puasa Asyura. Mereka menjawab bahwa puasa tersebut adalah hari di mana Allah menyelamatkan Bani Israil dari musuhnya, sehingga Musa juga berpuasa pada hari tersebut sebagai bentuk syukur. Setelah mendengar hal tersebut, Nabi Muhammad SAW bersabda bahwa umat Islam lebih layak menghormati Musa daripada orang Yahudi, lalu beliau mengajarkan dan memerintahkan umat Islam untuk juga berpuasa pada hari Asyura.

Niat Puasa Asyura

Berikut adalah niat puasa Asyura dalam bahasa Arab, Latin, dan artinya:

– Latin: Nawaitu shauma ghadin an adai sunnati asyura lillahi taala.
– Artinya: Saya menyengaja niat puasa sunnah Asyura esok hari karena Allah Ta’ala.

Bacaan niat puasa Asyura lainnya adalah:

– Latin: Nawaitu Shouma ‘Aasyuuro Sunnatan Lillahi Ta’ala.
– Artinya: Aku niat berpuasa ‘Asyuro (hari kesepuluh Muharram) sunnah karena Allah Ta’ala.

Keutamaan Puasa Asyura

Puasa Asyura memiliki berbagai keutamaan. Menurut hadits riwayat Abu Qatadah, puasa sunnah ini dapat menghapus dosa-dosa selama setahun yang telah lalu. Meskipun keutamaan ini mengacu pada dosa-dosa kecil, jika seseorang tidak memiliki dosa-dosa kecil, puasa Asyura diharapkan dapat meringankan dosa-dosa besarnya. Selain itu, puasa Asyura juga dianggap sebagai puasa terbaik setelah bulan Ramadhan.

Menurut Imam An Nawawi, Muharram adalah bulan yang paling mulia untuk melaksanakan puasa sunnah. Rasulullah SAW telah menyebutkan keutamaan puasa Asyura sebagai penghulunya amal di Bulan Muharram. Puasa Asyura juga memiliki keutamaan lain, yaitu dapat menghapus dosa selama setahun.

Kesimpulan

Puasa Asyura dilaksanakan setiap tanggal 10 Muharram dan merupakan salah satu amalan sunnah yang dianjurkan di Bulan Muharram. Pada tahun 2023, Puasa Asyura jatuh pada tanggal 28 Juli, sedangkan Puasa Tasua dilaksanakan sehari sebelumnya, yakni pada tanggal 27 Juli. Puasa Asyura memiliki berbagai keutamaan, termasuk mampu menghapus dosa-dosa selama setahun yang telah lalu. Oleh karena itu, umat Muslim dianjurkan untuk melaksanakan puasa ini sebagai bentuk ibadah dan penghormatan terhadap perintah Nabi Muhammad SAW.

Baca Juga: