Manchester City Berjaya di Piala Super Eropa 2023, Mengikuti Jejak Manchester United

Manchester City Berjaya di Piala Super Eropa 2023, Mengikuti Jejak Manchester United

Baca Juga:

Lima Fakta Manchester City Juara Piala Super Eropa 2023

Berikut adalah lima fakta terkait keberhasilan Manchester City menjadi juara Piala Super Eropa 2023:

1. Dominasi Juara Liga Champions

Piala Super Eropa selalu mempertemukan juara Liga Champions dengan juara Liga Eropa (dulu Piala UEFA) atau Piala Winners. Meskipun begitu, tidak semua juara Liga Champions musim sebelumnya keluar sebagai juara Piala Super Eropa. Namun, juara Liga Champions musim sebelumnya cenderung dominan. Manchester City adalah juara Liga Champions sebelumnya dan mereka juga berhasil menjadi juara Piala Super Eropa untuk pertama kalinya.

2. Adu Penalti Keempat

Format Piala Super Eropa dulunya menggunakan pertandingan kandang dan tandang, namun pada tahun 1998 formatnya berubah menjadi satu pertandingan. Menariknya, hanya ada empat kali pertandingan harus diselesaikan melalui adu penalti. Namun, kali ini pertandingan langsung dilanjutkan dengan adu penalti tanpa melalui perpanjangan waktu. Manchester City menjadi klub pertama yang menjadi juara dengan format ini.

3. Pep Guardiola Selalu Juara

Kemenangan Manchester City dalam Piala Super Eropa 2023 juga memperpanjang rekor sang pelatih, Pep Guardiola. Pelatih asal Spanyol ini selalu berhasil menjadi juara setiap kali memimpin tim dalam ajang Piala Super Eropa. Ini adalah kesempatan keempat Guardiola dalam Piala Super Eropa, dengan tiga kemenangan sebelumnya bersama Barcelona pada 2009 dan 2011, serta Bayern Munich pada 2013. Rekor Guardiola sekarang menyamai rekor Carlo Ancelotti yang juga sudah menang empat kali.

4. Inggris Lewati Italia

Kemenangan Manchester City menambah koleksi trofi untuk klub Inggris dalam Piala Super Eropa. Hingga saat ini, Liga Inggris telah menjadi juara Piala Super Eropa sebanyak 10 kali sejak ajang ini pertama kali digelar pada tahun 1973, melewati Italia yang baru meraih kemenangan sebanyak sembilan kali. Namun, jumlah juara Inggris masih kalah dibandingkan dengan Spanyol yang telah memenangkan Piala Super Eropa sebanyak 16 kali.

5. Menyamai Prestasi Manchester United

Dengan memenangkan Piala Super Eropa, Manchester City menyamai prestasi tetangganya, Manchester United. Meskipun Manchester United telah tiga kali mengikuti Piala Super Eropa, mereka hanya berhasil menjadi juara satu kali pada tahun 1991. Bahkan, ketika meraih treble winners pada tahun 1999, Manchester United tidak dapat meraih gelar Piala Super Eropa. Di sisi lain, Manchester City berhasil memenangkan empat trofi, semuanya diraih pada tahun yang sama ketika mereka meraih treble. Manchester City juga menjadi juara Piala Super Eropa pada kesempatan pertamanya. Mereka menyusul jejak Aston Villa, Aberdeen, Steaua Bucharest, KV Mechelen, Lazio, Parma, Galatasaray, dan Zenit Saint Petersburg.

Baca Juga: