Luis Rubiales Dicemooh oleh Timnas Sepak Bola Wanita Spanyol Pasca Skandal ‘Cium Paksa’

Luis Rubiales Dicemooh oleh Timnas Sepak Bola Wanita Spanyol Pasca Skandal ‘Cium Paksa’

Baca Juga:

Wanita Spanyol Menolak Bermain Sampai Ketua Federasi Sepak Bola Dihapus

Anggota tim nasional wanita Spanyol pada Jumat (25/6/23) mengumumkan bahwa mereka tidak akan berpartisipasi dalam pertandingan apa pun untuk negara tersebut sampai Luis Rubiales, ketua federasi sepak bola, dipecat dari jabatannya. Hal ini disebabkan oleh skandal ciuman bibir antara Rubiales dan pemain Jenni Hermoso setelah Spanyol memenangkan Piala Dunia. Meskipun Rubiales menolak untuk mundur, para pemain dan menteri lainnya mengkritik tindakannya sebagai perilaku misoginis yang tidak dapat diterima. 56 pemain, termasuk Hermoso dan seluruh tim, menandatangani pernyataan bersama yang menuntut pemecatan Rubiales dari posisinya sebagai kepala federasi.

Pemerintah Tidak Dapat Memecat Rubiales, Namun Akan Menskorsnya Melalui Pengadilan Olahraga

Meskipun pemerintah tidak memiliki kewenangan untuk memberhentikan Rubiales, mereka akan mencoba untuk menskorsnya melalui prosedur hukum di hadapan pengadilan olahraga. Victor Francos, ketua dewan olahraga yang dikelola negara, mengatakan bahwa mereka ingin menciptakan perubahan dalam sepak bola Spanyol dan memastikan bahwa semua pihak dihormati.

Rubiales Menolak Mundur dan Menolak Pernyataan Hermoso

Rubiales menolak untuk mengundurkan diri dan menyebut ciuman tersebut sebagai sesuatu yang saling menguntungkan dan dilakukan secara spontan. Dia juga mengeluh bahwa ada orang-orang yang mencoba membunuhnya dan menuduhnya melakukan perilaku feminis palsu. Namun, Hermoso membantah tuduhan Rubiales dan menyatakan bahwa dia tidak pernah menyetujui ciuman itu.

Kritik Terhadap Rubiales Meningkat dan FIFA Membuka Prosedur Disipliner

Rubiales telah mendapatkan banyak kritik terhadap perilakunya. FIFA telah membuka prosedur disipliner terhadapnya setelah Hermoso mengungkapkan bahwa serikat pemainnya berusaha untuk membela kepentingannya dan bahwa tindakan seperti itu tidak bisa diabaikan begitu saja.

Pemerintah Memulai Proses Hukum dan Para Pemain Pria Juga Memberikan Dukungan

Pemerintah telah memulai proses hukum terkait insiden ini dan akan membawanya ke pengadilan olahraga. Jika ciuman tersebut terbukti dilakukan tanpa persetujuan, Rubiales dapat menghadapi tuntutan berdasarkan undang-undang kekerasan seksual yang diberlakukan oleh Partai Sosialis.

Beberapa pemain pria juga memberikan dukungan atas tindakan para pemain wanita dan mengatakan bahwa mereka tidak akan mencalonkan diri untuk seleksi tim nasional sampai situasi berubah dan tindakan semacam ini mendapatkan hukuman yang pantas.

Konklusi

Kasus skandal ciuman bibir antara Rubiales dan Hermoso telah memicu kemarahan dan penolakan dari para pemain wanita Spanyol. Mereka menuntut pemecatan Rubiales dan berusaha untuk menciptakan perubahan dalam sepak bola Spanyol. Pemerintah telah memulai proses hukum terkait insiden ini dan FIFA juga membuka prosedur disipliner terhadap Rubiales. Masalah ini menyoroti pentingnya isu gender dan kesetaraan dalam olahraga.

Baca Juga: