Langkah Bos Wagner Yevgeny Prigozhin ke Afrika, Apa Dampaknya Bagi Negara-negara di Sana?

Langkah Bos Wagner Yevgeny Prigozhin ke Afrika, Apa Dampaknya Bagi Negara-negara di Sana?

Sharing is caring!

Baca Juga:

Pemimpin Wagner Yevgeny Prigozhin Muncul di Afrika

Sebuah video yang beredar baru-baru ini menunjukkan pemimpin Wagner Yevgeny Prigozhin muncul di Afrika setelah lama tidak terdengar kabarnya. Dalam video ini, Prigozhin terlihat dengan jelas untuk pertama kalinya sejak pemberontakan Wagner pada bulan Juni.

Wagner Bekerja di Afrika atas Inisiatif Sendiri

Dalam rekaman tersebut, Prigozhin menyatakan bahwa kelompoknya, Wagner, bekerja sesuai dengan keinginan mereka sendiri di Afrika. Hal ini menunjukkan bahwa kehadirannya di Afrika bukan atas perintah langsung dari pemerintah Rusia. Wagner, menurut Prigozhin, melakukan operasi pengintaian dan pencarian di Afrika dan bertujuan untuk membuat Afrika lebih bebas serta membawa keadilan dan kebahagiaan bagi penduduknya. Prigozhin juga mengajak semua orang untuk bergabung dengan tentara swasta mereka.

Konteks Kehadiran Prigozhin di Afrika

Kehadiran Prigozhin di Afrika terjadi pada saat situasi panas di benua tersebut terkait kudeta militer di Niger. Kelompok ekonomi negara-negara Afrika Barat atau ECOWAS, termasuk Niger, sedang bersiap melakukan intervensi militer untuk memaksa pelaku kudeta menyerahkan kembali kekuasaan ke pemerintah sebelumnya. Militer Niger sendiri telah meminta bantuan kepada Wagner.

Wagner Tidak Terlibat dalam Perang di Ukraina

Kehadiran Prigozhin di Afrika juga menunjukkan bahwa saat ini Wagner praktis tidak lagi terlibat dalam perang di Ukraina. Hal ini juga membantah desas-desus tanpa dasar bahwa Wagner sengaja ditempatkan di Belarusia untuk melakukan serangan ke Ukraina. Sebagian besar pasukan Wagner dikabarkan telah meninggalkan Belarusia karena pemerintah negara tersebut tidak bersedia membayar mereka. Hanya sebagian kecil personel Wagner yang digunakan untuk melatih militer Belarusia.

Baca Juga: