Ketua DPR Singapura Mundur Setelah Terekam Video Menghina Anggota Parlemen

Ketua DPR Singapura Mundur Setelah Terekam Video Menghina Anggota Parlemen

Baca Juga:

Ketua DPR Singapura dan Anggota Parlemen Mundur

Ketua DPR Singapura, Tan Chuan Jin, dan anggota parlemen lainnya, Cheng Li Hui, mengundurkan diri dari jabatannya dalam peristiwa langka dalam dunia politik Singapura. Keduanya berasal dari Partai Aksi Rakyat (PAP) yang merupakan partai berkuasa. Perdana Menteri Singapura, Lee Hsien Loong, mengonfirmasi pengunduran diri mereka tanpa menyebutkan alasan secara rinci.

Pengunduran Diri Terkait Perilaku Tak Terhormat

Pengunduran diri Tan Chuan Jin terkait dengan perilaku yang tidak terhormat yang dilakukannya di gedung parlemen. Sebuah video yang beredar di media sosial menunjukkan Tan menghina anggota parlemen lainnya dengan kata-kata kasar. Tan dalam surat pengunduran dirinya menyatakan bahwa dia telah membuat kesalahan dan tidak pantas dalam perkataannya di parlemen.

Alasan Pengunduran Diri Cheng Belum Diketahui

Sementara itu, alasan pengunduran diri Cheng Li Hui belum diungkapkan secara jelas. Cheng merupakan anggota parlemen sejak tahun 2015.

Penegakan Standar Partai

Lee Hsien Loong, selaku Perdana Menteri Singapura dan petinggi PAP, menekankan pentingnya penegakan standar partai. Lee menjelaskan bahwa Tan telah gagal dalam menjaga perilaku pribadi yang seharusnya dijunjung tinggi. Pengunduran diri keduanya diperlukan untuk mempertahankan kesopanan dan standar yang telah lama dijunjung tinggi oleh PAP.

Serangkaian Kehebohan Politik di Singapura

Belakangan ini, Singapura dilanda serangkaian kehebohan politik. Menteri Perhubungan S Iswaran dan pengusaha hotel, Ong Beng Seng, yang juga salah satu orang terkaya di Singapura, ditangkap terkait kasus korupsi yang jarang terjadi. Keduanya telah dibebaskan dengan jaminan sambil menunggu proses hukum selanjutnya. Belum diketahui secara pasti kasus korupsi apa yang dituduhkan terhadap mereka.

Baca Juga: