Kekayaan 6 Orang Terkaya di Dunia Capai Rp15,2 Kuadriliun, Cerminan Ketimpangan Ekonomi Global

Kekayaan 6 Orang Terkaya di Dunia Capai Rp15,2 Kuadriliun, Cerminan Ketimpangan Ekonomi Global

Baca Juga:

Kekayaan 6 Orang Terkaya Dunia Hampir Mencapai US$1 Triliun

Menurut Bloomberg Billionaire Index, kekayaan bersih dari enam orang terkaya di dunia hampir mencapai US$1 triliun atau sekitar Rp15,2 kuadriliun. Jumlah ini terdiri dari kekayaan gabungan dari Elon Musk, Bernard Arnault, Jeff Bezos, Bill Gates, Larry Ellison, dan Warren Buffet yang saat ini mencapai US$969 miliar atau sekitar Rp14,7 triliun.

Keuntungan dari Reli Saham Tahun Ini

Menurut laporan dari Insider pada hari Rabu, 9 Agustus 2023, keenam orang terkaya dunia ini telah mendapatkan keuntungan dari reli yang luar biasa di pasar saham tahun ini. Investor saat ini tengah merayakan penurunan inflasi dan tertarik pada desas-desus seputar kecerdasan buatan. Saham teknologi, terutama Tesla dan Amazon, telah mendorong S&P 500 naik 17% tahun ini dengan keuntungan masing-masing sebesar 135% dan 63%.

Perubahan Kekayaan Para Miliarder

Data dari Bloomberg Billionaire Index menunjukkan bahwa Elon Musk tetap berada di peringkat teratas. Kekayaannya terutama berasal dari nilai sahamnya di Tesla, SpaceX, dan perusahaan lain yang mencapai total US$232 miliar. Namun, kekayaannya mengalami penurunan sejak pertengahan Juli. CEO Amazon, Jeff Bezos, memiliki lonjakan kekayaan terbesar setelah Amazon mencatat pendapatan kuartal kedua yang kuat. Kekayaan pribadinya meningkat lebih dari US$11 miliar pada hari Jumat dan total kenaikannya tahun ini mencapai lebih dari US$57 miliar.

Pemilik Microsoft, Bill Gates, juga mengalami peningkatan kekayaan berkat kinerja pasar saham perusahaannya. Hal serupa terjadi pada Larry Ellison dari Oracle, Warren Buffet dari Berkshire Hathaway, dan Bernard Arnault dari LVMH. Sebanyak 17 orang terkaya di dunia secara keseluruhan telah melihat peningkatan kekayaan bersih mereka tahun ini, terutama berkat kenaikan pasar saham dalam beberapa bulan terakhir. Namun, angka-angka ini dapat berfluktuasi secara signifikan.

Contohnya, ketika saham Tesla mencapai level tertinggi sepanjang masa pada November 2021, kekayaan bersih Elon Musk diperkirakan mencapai US$340 miliar. Namun, dalam waktu delapan bulan, kekayaannya turun menjadi US$125 miliar, menjadikannya pengusaha serial yang kehilangan uang paling banyak dalam setahun menurut Rekor Dunia Guinness.

Baca Juga: