Keberhasilan Oppenheimer’ dalam Box Office Global dengan Pemasukan USD93,7 Juta

Keberhasilan Oppenheimer’ dalam Box Office Global dengan Pemasukan USD93,7 Juta

Baca Juga:

Film Barbie Greta Gerwig Mengumpulkan USD182 Juta

Film komedi fantasi berjudul Barbie yang disutradarai oleh Greta Gerwig berhasil mengumpulkan USD182 juta di box office internasional. Total pendapatan film ini di seluruh dunia mencapai USD337 juta.

Oppenheimer Christopher Nolan Raup USD93,7 Juta

Film drama sejarah berperingkat-R yang disutradarai oleh Christopher Nolan dengan judul Oppenheimer juga mencetak hasil yang impresif. Film ini berhasil menghasilkan USD93,7 juta dari 78 pasar, dengan total penghitungan global sebesar USD174 juta.

Pertarungan Bom Melawan Bom Membawa Pengaruh Budaya

David A. Gross dari Franchise Entertainment Research menyatakan bahwa akhir pekan ini adalah pengingat akan jenis relevansi budaya yang dapat dibawa oleh film. Banyak sekuel terkenal musim panas yang sebelumnya diharapkan, kini harus berhadapan dengan film Barbie dan Oppenheimer yang sukses membawa fenomena budaya baru yang dikenal sebagai Barbenheimer.

Rekor Pembukaan Terbesar Tahun 2023 untuk Barbie di Amerika

Barbie juga berhasil mencetak rekor pembukaan terbesar tahun 2023 di Amerika dengan pendapatan sebesar USD155 juta. Angka ini berhasil mengungguli pendapatan The Super Mario Bros. Movie yang hanya mencapai USD146 juta.

Pasar Teratas di Luar Amerika

Di luar Amerika Utara, pasar teratas untuk Barbie adalah Inggris dengan pendapatan sebesar USD22,9 juta, disusul oleh Meksiko dengan USD22,3 juta, Brasil dengan USD15,9 juta, Australia dengan USD14,6 juta, Spanyol dengan USD9,9 juta, Perancis dengan USD9,8 juta, dan China dengan USD8,2 juta.

Barbie Dibintangi oleh Margot Robbie dan Ryan Gosling

Film Barbie, yang diproduksi oleh Warner Bros dan Mattel dengan anggaran sebesar USD145 juta, dibintangi oleh Margot Robbie dan Ryan Gosling. Mereka berperan sebagai versi stereotip dari Barbie dan Ken.

Oppenheimer Menerima Pujian dari Penonton dan Kritikus

Film Oppenheimer juga mendapatkan pujian dari penonton dan kritikus. Film ini berhasil meraih skor 90% di situs Rotten Tomatoes. Meskipun film ini berdurasi tiga jam dan memiliki sedikit aksi, Oppenheimer berhasil menarik perhatian penonton dengan kualitasnya.

Kesuksesan Oppenheimer di Pasar Internasional

Pendapatan kotor tertinggi Oppenheimer di pasar internasional datang dari Inggris, India, Prancis, dan Jerman. Dari keseluruhan penjualan tiket, Layar Imax juga memberikan kontribusi sebesar USD35 juta, termasuk USD13,9 juta di box office internasional.

Oppenheimer: Dari Buku Sampai Layar Lebar

Film Oppenheimer diadaptasi dari buku yang memenangkan Penghargaan Pulitzer berjudul American Prometheus. Film ini dengan anggaran USD100 juta dibintangi oleh Cillian Murphy sebagai J. Robert Oppenheimer, fisikawan teoretis yang memimpin pengembangan bom atom yang mengakhiri Perang Dunia II. Film ini juga menampilkan Robert Downey Jr., Matt Damon, Emily Blunt, Florence Pugh, dan Alden Ehrenreich sebagai lawan mainnya.

Baca Juga: