Kebakaran Hutan di Hawaii Merekam Kematian Tragis: 93 Orang Tewas Terbakar, Langkah Pemulihan Dimulai

Kebakaran Hutan di Hawaii Merekam Kematian Tragis: 93 Orang Tewas Terbakar, Langkah Pemulihan Dimulai

Baca Juga:

Kebakaran Hutan di Maui, Hawaii Menyebabkan 93 Korban Jiwa

Kebakaran hutan di Maui, Hawaii telah menyebabkan kematian setidaknya 93 orang, menjadikannya kebakaran hutan paling mematikan di Amerika Serikat dalam lebih dari satu abad. Saat ini tim pemadam kebakaran masih berjuang melawan kobaran api, sementara anjing pencari melakukan pencarian di reruntuhan kota resor Lahaina yang luluh lantak akibat bencana tersebut. Penyebab kebakaran hutan ini masih belum diketahui.

Gubernur Hawaii Menyebut Daerah Terdampak Sebagai Zona Perang

Pada minggu kebakaran terjadi, Gubernur Hawaii Josh Green menyebut daerah Lahaina yang hancur akibat kebakaran hutan sebagai “zona perang”. Para penyintas dan pejabat berusaha menghadapi dampak bencana ini, sedangkan tim pemadam kebakaran masih berusaha memadamkan api dan anjing pencari melakukan pencarian di reruntuhan kota yang terbakar untuk menemukan korban.

Jumlah Korban Jiwa Terus Meningkat

Green mengatakan bahwa saat ini sudah ada 93 korban jiwa akibat kebakaran ini. Jumlah ini melebihi bencana alam terburuk di Hawaii, termasuk tsunami tahun 1960 yang menewaskan 61 orang. Jumlah korban jiwa akibat kebakaran ini juga melampaui kejadian di Paradise, California pada tahun 2018 yang menewaskan 86 orang. Data dari National Fire Protection Association menyebutkan bahwa ini merupakan jumlah kematian tertinggi akibat kebakaran hutan di Amerika Serikat sejak tahun 1918, saat terjadi kebakaran Cloquet di Minnesota dan Wisconsin yang menewaskan 453 orang.

Upaya Pemulihan dan Bantuan Darurat

Pihak berwenang telah mengamankan 1.000 kamar hotel dan menyediakan properti sewa untuk memberikan tempat tinggal gratis bagi keluarga yang kehilangan rumah. Lebih dari 1.400 orang telah dibawa ke tempat perlindungan darurat. Meskipun beberapa penduduk sudah diizinkan kembali ke bagian barat Maui, area kebakaran di Lahaina masih dijaga karena adanya bahaya asap yang berasal dari puing-puing yang masih terbakar.

Biaya Pemulihan yang Besar

Biaya untuk membangun kembali Lahaina diperkirakan mencapai $5,5 miliar menurut FEMA, dengan lebih dari 2.200 bangunan rusak atau hancur dan lebih dari 2.100 acre (850 hektar) lahan terbakar. Pemerintah juga sedang menyelidiki tanggapan terhadap kebakaran ini dan sistem pemberitahuan darurat yang ada. Presiden Joe Biden juga tengah mempertimbangkan apakah akan mengunjungi Maui dalam beberapa hari mendatang untuk memberikan semangat kepada korban, meskipun kunjungan tersebut juga akan menimbulkan beban logistik dan keamanan dalam upaya pemulihan.

Baca Juga: