Gempa M5,9 Guncang Muara Binuangeun Banten, Berpotensi Menimbulkan Kerusakan

Gempa M5,9 Guncang Muara Binuangeun Banten, Berpotensi Menimbulkan Kerusakan

Baca Juga:

Gempa M5.9 Mengguncang Muara Binuangeun, Banten

Pada Kamis, 17 Agustus 2023, pukul 11.28 WIB, Muara Binuangeun, Banten diguncang oleh gempa terkini dengan kekuatan M5,9. Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menginformasikan bahwa gempa ini terjadi pada kedalaman 53 km.

Informasi Lokasi dan Koordinat Gempa

BMKG menjelaskan bahwa pusat gempa terletak di 96 km Barat Daya Muara Binuangeun pada koordinat 7.61 Lintang Selatan dan 105.48 Bujur Timur. Berdasarkan data dari BMKG, gempa ini memiliki magnitudo 5,9 dengan waktu kejadian pada tanggal 17 Agustus 2023 pukul 11.28:49 WIB.

Keterangan Resmi BMKG

Dalam keterangan resminya, BMKG menyatakan bahwa informasi mengenai gempa ini diberikan dengan tujuan untuk memprioritaskan kecepatan penyebaran informasi kepada masyarakat. Oleh karena itu, dampak yang ditimbulkan oleh gempa ini belum dapat dipastikan dengan pasti.

Kelangsungan Data

BMKG juga menekankan bahwa informasi yang diberikan masih dalam tahap pengolahan data dan belum stabil. Oleh karena itu, informasi ini dapat berubah seiring dengan kelengkapan data yang ada. BMKG memberikan disclaimer bahwa hasil pengolahan data ini mengutamakan kecepatan, sehingga belum dapat dianggap sebagai informasi yang final dan tetap.

Baca Juga: