Gedung Megah Jakarta International Stadium Ditargetkan Rampung Dalam 3 Bulan

Gedung Megah Jakarta International Stadium Ditargetkan Rampung Dalam 3 Bulan

Baca Juga:

Jakarta International Stadium (JIS): Stadion Kebanggaan Jakarta

JIS merupakan stadion kebanggaan warga Jakarta. Stadion ini dibangun oleh Pemprov DKI Jakarta di Tanjung Priok, Jakarta Utara. Sejak beberapa pekan terakhir, JIS menjadi sorotan publik karena akan menjadi salah satu venue Piala Dunia U-17 pada 10 November hingga 2 Desember 2023. Ketum PSSI Erick Thohir menargetkan perbaikan JIS selesai dalam waktu tiga bulan untuk memenuhi standar FIFA. Pada tanggal 4 Juli 2023, Erick Thohir bersama dengan Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono, dan PJ Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi, meninjau JIS untuk mencatat apa yang perlu diperbaiki.

Fakta-fakta tentang JIS

1. **Pembangunan JIS Habiskan Anggaran Rp4,5 Triliun**
JIS dibangun dengan biaya sebesar Rp4,5 triliun. Stadion ini tidak hanya sebagai arena pertandingan, tetapi juga bisa digunakan untuk konser musik. JIS dibangun di atas lahan seluas 22 hektar dengan desain standar internasional. Stadion ini dilengkapi dengan fasilitas lengkap seperti bungee jumping dan trek jogging. Untuk mengurangi genangan air saat hujan, JIS mengusung sistem zero run-off, di mana air hujan akan jatuh ke tanah dan dialirkan kembali ke saluran air Jakarta Utara. JIS memiliki tribun penonton dengan kapasitas hingga 82.000 orang.

2. **Miliki Skywalk Deck di Atas Ketinggian 72 Meter**
Di atas Stadion JIS terdapat Skywalk Deck yang dapat digunakan oleh pengunjung untuk berjalan di sekitar bagian atas stadion. Skywalk Deck ini memiliki lebar 3 meter dan panjang 800 meter, sehingga bisa digunakan untuk jogging. Masyarakat bisa menikmati sensasi joging di atas ketinggian 72 meter.

3. **Atap Buka Tutup Otomatis**
JIS adalah stadion pertama di Indonesia yang dilengkapi dengan sistem atap buka tutup otomatis. Hal ini memungkinkan JIS untuk menggelar pertandingan sepak bola, pameran, dan konser musik tanpa terhalang oleh kondisi cuaca.

4. **Sudah Dipergunakan untuk Berbagai Kegiatan**
JIS telah digunakan untuk berbagai kegiatan seperti pertandingan sepak bola, salat Id, dan konser musik, termasuk konser grup Dewa 19. Soft Launching JIS dilakukan pada 19 April 2022, diikuti oleh Grand Launching JIS pada 24 Juli 2022. Stadion JIS merupakan salah satu janji yang berhasil dituntaskan oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

5. **Dilakukan Perbaikan Jelang Piala Dunia U-17**
JIS akan menjadi salah satu venue Piala Dunia U-17 pada 10 November hingga 2 Desember 2023. Erick Thohir, Ketua Umum PSSI, menargetkan perbaikan JIS selesai dalam waktu tiga bulan. Perbaikan tersebut akan mencakup pembenahan rumput, peningkatan fasilitas parkir, dan peningkatan akses transportasi di dalam dan di luar stadion.

Baca Juga: