Finalis Miss Universe Buka Tabir: Mereka Disuruh Nungging dan Layaknya Diamati!

Finalis Miss Universe Buka Tabir: Mereka Disuruh Nungging dan Layaknya Diamati!

Baca Juga:

Tindak Pelecehan Seksual Terjadi Selama Body Checking di Miss Universe Indonesia

Salah satu finalis Miss Universe Indonesia, Lola Nadya, telah mengungkapkan kronologi dari pengalaman pelecehan seksual yang dialaminya saat body checking. Dia juga tidak sendirian, ada finalis lain yang mengalami tindakan serupa dan saling berbagi cerita, termasuk diperintahkan untuk membungkuk dan payudaranya diperiksa.

Kronologi Kejadian

Lola Nadya ingat, dua hari sebelum grand final, semua finalis sedang sibuk. Meskipun begitu, para finalis diminta untuk fitting gaun karena akan ditampilkan di televisi nasional dan harus melewati sensor, sehingga beberapa gaun harus dirombak.

“Gaun saya sudah jadi, karena gaun saya sopan saya tanya, ternyata tetap harus fitting untuk memastikan semuanya oke,” kata dia.

Lola kemudian masuk ke sebuah ballroom yang dilengkapi dengan CCTV dan terdapat bilik-bilik. Pada saat itu ada enam orang, dan dua di antaranya adalah laki-laki. Salah satu perempuan di antara mereka adalah COO ajang Miss Universe Indonesia.

“Begitu saya masuk, COO bilang undress yourself (buka baju kamu). Dia memang terkenal galak dan finalis segan, saya kemudian membuka pakaian,” katanya.

Saat itu Lola masih mengenakan bra silikon dan masih diminta untuk membukanya di hadapan enam orang yang ada. Lola mempertanyakan apakah yang dia lakukan adalah tahap body checking dan sang COO menjawab “seperti yang kamu tahu”.

Lola membuka bagian payudara dan kemudian menutupinya dengan kedua tangan. Salah satu alasan Lola melakukannya adalah karena ruangan yang sangat dingin. Kemudian COO meminta Lola untuk membalikkan badannya.

“Saya masih menggunakan pakaian dalam bawah. Tapi dia sempat memeriksa, apakah sudah mencukur atau belum, mendekat ke bagian Miss V saya. Dia mendekatkan kepalanya dan melihat,” katanya.

Lola juga mengungkapkan bahwa ada temannya, seorang finalis lain, yang mengalami inspeksi pada celana dalamnya untuk memastikan apakah sudah mencukur Miss V. Ada juga finalis lain yang mengeluh diperintahkan untuk membungkuk agar selangkangannya dapat diperiksa, apakah hitam atau tidak. Sedangkan Lola saat diperiksa, diketahui memiliki selulit di bagian belakang.

“Bagian atas bagus, tapi bagian bawah buruk. Ugly,” ujar Lola menirukan kata-kata COO yang melakukan tindakan tersebut.

Tidak hanya itu, Lola juga diharuskan mengangkat tangannya, tidak boleh menutupi bagian payudara. Lola berdiri dengan sikap tegap selama beberapa menit, sementara COO mengamatinya selama satu menit.

“Sekitar satu menit dia mengamatinya, melihat ke kiri dan kanan. Puting yang simetris dicatat oleh LO,” katanya. Lola yang pertama kali mengikuti kontes kecantikan menduga ini adalah proses body checking yang biasa dalam sebuah kontes kecantikan.

Ketika itu Lola sempat curiga bahwa puting diperhatikan untuk memastikan apakah ada yang menyusui atau tidak. Yang lebih aneh, kontes Miss Universe 2023 memperbolehkan wanita yang sudah menikah dan yang belum menikah untuk berpartisipasi.

Lola juga menjadi salah satu finalis yang difoto saat proses body checking berlangsung. Lola sempat mempertanyakan alasan dan orang yang memotret, yang disebut COO mengklaim bahwa foto tersebut diperlukan sebagai laporan kepada atasan.

Fotografer Rio Motret, yang sebelumnya menjabat sebagai Direktur Visual Miss Universe Indonesia, mengatakan bahwa tidak ada gunanya mengamati selangkangan dan puting dalam kontes kecantikan. Dia mengaku telah berkecimpung di industri ini selama 19 tahun dan tidak pernah mendengar kasus body checking seperti ini.

“Untuk apa mengintip selangkangan? Apakah mereka ingin membuka kaki di depan kamera? Miss Universe menganut pemberdayaan wanita, dan membuka kaki di depan kamera adalah merendahkan,” kata Rio.

Baca Juga: