Film ‘Barbie’: Sebuah Langkah Maju dalam Merayakan Kesuburan dan Kecekatan Perempuan.

Film ‘Barbie’: Sebuah Langkah Maju dalam Merayakan Kesuburan dan Kecekatan Perempuan.

Baca Juga:

Barbie the Movie: Sebuah Film Barbie Live Action yang Menghibur

Setelah ditunggu-tunggu, film Barbie the Movie akhirnya tayang di bioskop-bioskop. Film ini merupakan film Barbie live action yang disutradarai oleh Great Gerwig, yang sebelumnya sukses menggarap film Little Women dan Lady Bird. Barbie the Movie dibintangi oleh bintang-bintang Hollywood papan atas seperti Margot Robbie dan Ryan Gosling. Inilah ulasan lengkapnya!

Sinopsis Barbie the Movie

Film ini mengisahkan tentang kehidupan di sebuah pulau yang diberi nama Barbie Land. Di pulau ini, terdapat sekelompok Barbie dan Ken yang hidup dengan berbagai peran dan profesi yang berbeda-beda. Barbie Land merupakan tempat di mana para Barbie memegang kekuasaan dan menjadi yang paling berdaya.

Namun, suatu malam, Barbie (diperankan oleh Margot Robbie) tiba-tiba merasa terganggu dengan pemikiran tentang kematian. Hal ini membawanya pada serangkaian perubahan aneh yang dialaminya, seperti munculnya selulit di pahanya dan kaki yang menjadi datar. Barbie pun menemui Barbie Aneh (diperankan oleh Kate McKinnon), yang memberitahunya bahwa Barbie harus pergi ke dunia nyata untuk menemui manusia pemiliknya.

Barbie kemudian melakukan perjalanan panjang menuju dunia nyata, dan ia tidak sendirian. Barbie ditemani oleh Ken (diperankan oleh Ryan Gosling), yang sangat mengaguminya. Mereka melewati berbagai rintangan, mulai dari padang gurun hingga luar angkasa, untuk sampai ke dunia nyata.

Sesampainya di dunia nyata, Barbie merasa tidak nyaman dengan perhatian yang diberikan padanya oleh pria-pria di sekitarnya. Sebaliknya, Ken justru menyadari bahwa kehidupan di dunia nyata lebih menyenangkan bagi pria. Barbie mencari pemiliknya, sementara Ken mempelajari konsep patriarki dan berusaha menerapkannya di Barbie Land.

Pendapat Penulis

Pertama-tama, saya ingin memberikan apresiasi kepada para kreator film ini. Desain set Barbie Land yang sangat totalitas, pakaian-pakaian yang menggemaskan, tata rias, dan gaya rambut para karakternya sangat memikat. Semua aspek ini berhasil mengingatkan saya akan masa kecil saya yang menyenangkan dengan dunia Barbie.

Para bintang dalam film ini juga tidak perlu diragukan lagi kemampuan mereka dalam berakting. Margot Robbie sukses memerankan karakter utama Barbie, begitu juga dengan Ryan Gosling sebagai Ken. Chemistry antara America Ferrera dan Ariana Greenblatt sebagai pasangan ibu dan anak juga sangat baik. Para bintang ini telah menghadirkan penampilan yang kuat dalam film ini.

Film ini juga menghadirkan banyak jokes yang sukses membuat penonton tertawa. Meski begitu, ada beberapa jokes yang sulit dimengerti, mungkin karena terkait dengan konteks yang kurang familier atau isu-isu yang berat. Film ini juga memiliki fokus pada isu feminisme, yang berhasil ditampilkan dengan baik. Adegan dan dialog tentang ketidakadilan yang sering dialami perempuan berhasil membuat saya merasa terwakilkan.

Namun, alur cerita film ini terasa kurang rapi. Terutama di bagian ending yang meninggalkan banyak pertanyaan tak terjawab. Meski begitu, saya dapat menangkap pesan bahwa Barbie bisa hidup sesuai pilihannya sendiri dan tidak lagi dikendalikan oleh orang lain.

Secara keseluruhan, film Barbie the Movie masih sangat menghibur. Visualnya yang menggemaskan dan serba pink membuatnya ideal untuk penggemar Barbie sejak masa kecil. Jangan lewatkan, film ini sudah tayang mulai Rabu, 19 Juli 2023, di seluruh bioskop di Indonesia!

Baca Juga: