Eksklusif! Dirjen Dikti Ristek Prof. Nizam Kupas Habis Ekosistem Riset (Bagian I)

Eksklusif! Dirjen Dikti Ristek Prof. Nizam Kupas Habis Ekosistem Riset (Bagian I)

Kedaireka: Kolaborasi antara Perguruan Tinggi dan Dunia Industri dalam Menjawab Tantangan Inovasi

Seiring dengan program Kampus Merdeka yang menjadi unggulan Mendikbudristek Nadiem Makarim, Kemendikbudristek meluncurkan program Kedaireka pada Desember 2020. Program ini bertujuan untuk menjodohkan Perguruan Tinggi dengan Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI) dalam menjawab kebutuhan inovasi di dalam negeri. Setelah sukses dengan program Matching Fund, Kedaireka hadir dengan program Ekosistem Kedaireka yang menjadi platform end-to-end untuk kolaborasi antara akademisi dan industri.

Rendahnya Investasi dalam Riset dan Pengembangan di Indonesia

Industri Indonesia masih kecil dalam investasi riset dan pengembangan, dengan hanya 0,01% dari PDB yang merupakan belanja negara. Di negara-negara maju seperti Thailand dan Vietnam, investasi riset dan pengembangan sudah mencapai 0,7% dari PDB dan didominasi oleh sektor swasta. Salah satu penyebab tingginya ketimpangan ini adalah banyaknya perusahaan lisensi yang tidak melakukan riset dan pengembangan di dalam negeri.

Mendorong Industri untuk Berinvestasi dalam Riset dan Pengembangan

Pemerintah memberikan insentif berupa Triple Tax Deduction, namun belum terlalu menarik bagi industri. Oleh karena itu, pada tahun 2020, Kemendikbudristek menciptakan program Matching Fund yang memberikan pendanaan kepada perguruan tinggi untuk riset dan pengembangan. Industri dapat memanfaatkan lembaga riset dan laboratorium di perguruan tinggi tanpa perlu memiliki sendiri. Pendanaan ke perguruan tinggi pun dapat dilakukan dengan berbagai cara, seperti menggunakan peralatan dan tenaga dari perguruan tinggi. Program ini diintegrasikan dalam Kedaireka, yang bertujuan untuk membangun kedaulatan Indonesia dalam industri dan karya.

Suksesnya Program Matching Fund dan Dampaknya

Program Matching Fund telah memberikan dampak positif dalam pengembangan produk dan kolaborasi pergur