Dukungan LDA untuk Konsep Revitalisasi Keraton Solo yang Ditawarkan oleh Gibran, Menjamin Penyelesaian Tepat Waktu

Dukungan LDA untuk Konsep Revitalisasi Keraton Solo yang Ditawarkan oleh Gibran, Menjamin Penyelesaian Tepat Waktu

Baca Juga:

Revitalisasi Tahap Pertama Keraton Solo akan Dimulai pada Awal Oktober 2023

Revitalisasi tahap pertama Keraton Solo yang mencakup kawasan alun-alun Utara dan Selatan dipastikan akan dimulai tepat waktu pada awal Oktober 2023. Konsep revitalisasi ini telah disetujui oleh pihak Lembaga Dewan Adat (LDA).

Pertemuan dengan Pihak LDA

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka mengungkapkan bahwa telah melakukan pertemuan dengan pihak LDA yang dipimpin oleh Gusti Kanjeng Ratu Wandansari atau Gusti Moeng. Pertemuan ini dilakukan di Keraton Solo pada tanggal 1 Agustus 2023 untuk mencari titik temu konsep revitalisasi Keraton Kasunanan.

Komunikasi dengan Pihak LDA

Gibran menjelaskan bahwa protes yang sebelumnya dilakukan oleh pihak LDA melalui media sosial disebabkan karena merasa tidak dilibatkan dalam penandatanganan DED di salah satu hotel di Solo pada tanggal 26 Juli 2023. Namun, Gibran menegaskan bahwa pihak LDA sebenarnya telah dilibatkan sejak awal. Adanya miss komunikasi yang terjadi membuat pihak LDA merasa tidak dilibatkan.

Koordinasi dengan Elemen Keraton Kasunanan

Gibran menyatakan bahwa koordinasi dengan dua elemen Keraton Kasunanan, yaitu pihak Sinuhun dan LDA, dilakukan untuk memastikan proses revitalisasi berjalan lancar. Semua pihak yang terlibat dalam proses revitalisasi akan terus berkoordinasi dengan pihak LDA.

Pengelolaan Setelah Revitalisasi

Setelah proses revitalisasi selesai, pengelolaan kawasan Keraton Kasunanan akan diserahkan sepenuhnya kepada Yayasan Keraton Kasunanan. Segala aspek yang terkait dengan pengelolaan, seperti parkir, kebersihan, keamanan, dan pengelolaan pedagang, akan dibahas sejak awal untuk memastikan hak dan kewajiban Pemkot Solo terpenuhi.

Baca Juga: