Dampak Kebakaran Hutan: Kerugian Ekonomi dan Kesehatan Jangka Panjang

Dampak Kebakaran Hutan: Kerugian Ekonomi dan Kesehatan Jangka Panjang

Baca Juga:

Dampak Kebakaran Hutan, Apa Saja?

Kebakaran hutan yang terjadi di kawasan Maui, Hawaii, AS telah menewaskan puluhan orang. Sampai saat ini, tercatat sejumlah 93 korban tewas dan masih dalam proses pencarian korban yang hilang. Gubernur Hawaii Josh Green mengungkapkan bahwa sekitar 2.200 bangunan di bagian barat Maui rusak atau hancur total, dimana 86 persen di antaranya merupakan tempat tinggal. Kerugian akibat kebakaran tersebut diperkirakan mencapai hampir US$6 miliar (lebih dari Rp90 triliun). Namun, tidak hanya korban jiwa dan kerusakan materi saja yang menjadi dampak dari kebakaran hutan ini.

Ilustrasi:![Dampak Kebakaran Hutan](Foto: Getty Images)

Kerusakan Ekosistem

Dampak kebakaran hutan pertama yang dapat dirasakan secara langsung adalah kerusakan ekosistem. Ketika hutan terbakar, flora dan fauna akan musnah.

Timbulnya Banyak Penyakit

Selain itu, dampak lainnya adalah timbulnya banyak penyakit. Asap dari kebakaran hutan dapat menyebabkan penyakit infeksi saluran pernapasan atas (ISPA), asma, penyakit paru obstruktif kronik, penyakit jantung, serta iritasi pada mata, tenggorokan, dan hidung.

Terganggunya Operasional Transportasi

Asap dari kebakaran hutan juga dapat mengganggu perjalanan transportasi udara. Beberapa rute penerbangan akan terganggu bahkan berhenti sementara ketika ada asap yang menutupinya.

Pemanasan Global

Tersebarnya asap serta emisi gas karbondioksida dan gas lainnya ke udara akan berdampak pada perubahan iklim dan pemanasan global. Zat-zat tersebut dapat merobek lapisan ozon dan meningkatkan suhu di bumi, sehingga terjadi pemanasan global.

Penyebab Terjadinya Longsor

Kebakaran hutan dapat membuat hutan menjadi gundul dan tidak dapat menampung air hujan. Hal ini dapat menyebabkan terjadinya tanah longsor atau banjir.

Kehilangan Cadangan Air Bersih

Selain itu, kebakaran hutan juga menyebabkan berkurangnya sumber air bersih. Tanpa pohon sebagai penampung cadangan air, dapat menyebabkan kekeringan.

Terganggunya Ekonomi Masyarakat

Tidak hanya itu, kebakaran hutan juga memberikan dampak ekonomi yang signifikan bagi masyarakat. Masyarakat yang mengandalkan hidup dari hutan akan merasakan dampak ekonomi yang besar. Selain itu, fasilitas lokal juga dapat terganggu sehingga menyebabkan kerugian. Terutama masyarakat yang memanfaatkan sumber daya di dalam hutan seperti kayu.

Dalam kesimpulannya, kebakaran hutan memiliki dampak negatif yang luas dan akan berlangsung dalam jangka waktu yang panjang. Dalam menghadapi kebakaran hutan, penting bagi semua pihak untuk bekerja sama dalam upaya pencegahan dan penanggulangan kebakaran hutan. Untuk lebih banyak berita dan artikel menarik lainnya, Anda dapat mengunjungi Inilah.com di Google News.

Baca Juga: