Barcelona Sambut Kepulangan Oriol Romeu: 5 Hal Menarik yang Perlu Kamu Tahu tentang “Anak Hilang” Ini!

Barcelona Sambut Kepulangan Oriol Romeu: 5 Hal Menarik yang Perlu Kamu Tahu tentang “Anak Hilang” Ini!

Baca Juga:

FC Barcelona Resmi Memulangkan Oriul Romeu dengan Klausul Pelepasan Besar

FC Barcelona telah secara resmi memulangkan gelandang mereka yang lama hilang, Oriul Romeu, pada bursa transfer musim panas 2023. Dalam kesepakatan tersebut, terdapat klausul pelepasan sebesar 400 juta euro atau sekitar Rp6 triliun. Pemain berusia 31 tahun tersebut telah dikontrak oleh klub hingga Juni 2026 mendatang.

Alasan utama di balik kepulangan Oriul Romeu adalah untuk mengisi posisi kosong yang ditinggalkan oleh Sergio Busquets, yang telah memutuskan untuk bergabung bersama Lionel Messi di klub Amerika, Inter Miami. Meskipun demikian, nama Oriul Romeu tidaklah asing bagi FC Barcelona dan para penggemarnya.

Latar Belakang Oriul Romeu

Oriul Romeu, yang lahir pada 24 September 1991 di Kota Ulldecona, Katalunya, saat ini berusia 31 tahun. Ia sebelumnya tidak pernah memakai seragam Barcelona sejak pertandingan melawan Rayo Vallecano bersama Barcelona B pada Juni 2011. Romeu pernah bermain untuk tim utama Barcelona dalam pertandingan melawan Deportivo ketika dibawah kepelatihan oleh Pep Guardiola. Setelah meninggalkan Barcelona pada tahun 2011, Romeu telah berkarir di berbagai liga, termasuk sembilan tahun di Premier League, dua tahun di LaLiga, dan satu tahun di Bundesliga.

Dalam Sorotan Banyak Pelatih

Dikarenakan pengalamannya di berbagai liga dan klub sepakbola, Romeu telah terbiasa bekerja di bawah berbagai pelatih. Saat bermain di Premier League bersama Chelsea, ia menjadi starter kesebelas di bawah asuhan Andre Villas-Boas. Namun, ia tidak banyak bermain saat dilatih oleh Rafael Benitez. Romeu juga mendapatkan kesempatan meraih gelar Liga Champions pada masa kepelatihan Roberto Matteo bersama Chelsea. Hal yang sama juga terjadi saat ia bermain di Valencia dan Stuttgart, sebelum menandatangani kontrak dengan Michel di Girona musim lalu.

Bangkit Bersama Southampton

Oriul Romeu tidak mendapatkan banyak sorotan saat membela Chelsea, namun namanya semakin dikenal ketika bermain untuk Southampton. Di klub tersebut, ia menjadi pemain dengan jumlah penampilan tertinggi. Selama tujuh tahun berkarir di Southampton, Romeu juga menjadi salah satu pemain berharga klub. Ia bahkan menduduki peringkat keenam dalam catatan merebut bola paling sering selama periode 2015-2022.

Pulang ke FC Barcelona

Kembalinya Oriul Romeu ke FC Barcelona menambah panjang daftar pemain yang juga telah kembali ke Camp Nou. Selain Romeu, terdapat juga nama-nama seperti Hristo Stoichkov, Gerard Lopez, Gerard Pique, Cesc Fabregas, dan masih banyak lagi. Ini menunjukkan betapa kuatnya ikatan antara klub dan pemain yang pernah berada di dalamnya.

Alumni Muda Timnas Spanyol

Selain bermain di klub, Oriul Romeu juga pernah membela tim nasional Spanyol di tingkat usia muda, mulai dari U-17, U-19, hingga U-23. Ia bahkan berpartisipasi dalam Olimpiade London 2012 dengan timnas yang sama dengan beberapa pemain FC Barcelona lainnya.

Itulah beberapa hal menarik tentang Oriul Romeu, gelandang “anak hilang” yang kembali pulang ke rumah, FC Barcelona. Dengan pengalamannya yang luas dan kualitas bermainnya yang teruji, diharapkan Romeu dapat menjadi tambahan berharga bagi tim Barcelona dalam mencapai kesuksesan di masa depan.

Baca Juga: