Apa Tugas Malaikat Jibril Setelah Rasulullah Wafat? Ini Jawaban Ustaz Abdul Somad

Apa Tugas Malaikat Jibril Setelah Rasulullah Wafat? Ini Jawaban Ustaz Abdul Somad

Baca Juga:

Tugas Malaikat Setelah Nabi Muhammad SAW Wafat

Setelah Nabi Muhammad SAW wafat, banyak yang bertanya-tanya mengenai tugas Malaikat Jibril. Ustaz Abdul Somad menjelaskan bahwa sebenarnya Malaikat Jibril tidak hanya memiliki satu tugas saja. Tugas-tugas tersebut disederhanakan agar lebih mudah dipahami oleh manusia.

Tugas-Tugas Malaikat untuk Memudahkan Pemahaman

Dalam sebuah ceramah, Ustaz Abdul Somad menyampaikan bahwa nama-nama malaikat dan tugasnya sebenarnya hanya untuk pembelajaran anak TK. Ia berkelakar bahwa anak TK perlu mempelajari nama-nama malaikat dan tugasnya.

Tidak Ada Malaikat yang Memiliki Tugas Mencari Majelis Dzikir

Ustaz Abdul Somad menegaskan bahwa tidak ada malaikat yang memiliki tugas mencari majelis dzikir dan mengajak malaikat lain. Hal ini adalah salah satu contoh batasan yang tidak seharusnya diterapkan dalam pemahaman mengenai malaikat.

Jumlah Malaikat dan Tugas Mereka Tidak Dibatasi

Ustaz Abdul Somad menyarankan untuk tidak membatasi jumlah malaikat di dunia dan membatasi pula tugas-tugas yang mereka emban. Hal ini juga berhubungan dengan pertanyaan mengenai tugas Malaikat Jibril setelah Nabi Muhammad SAW wafat.

Tugas Pokok Malaikat adalah Bertasbih kepada Allah

Menurut surat Al-Baqarah, tugas pokok para malaikat adalah melakukan bertasbih kepada Allah. Terdapat 70 ribu malaikat yang turun ke Kabah untuk bertasbih kepada Allah.

Malaikat akan Bertugas Bertasbih dan Berzikir Jika Tidak Melakukan Kegiatan Utama

Jika malaikat tidak sedang melakukan tugas utama seperti Malaikat Jibril yang menyampaikan wahyu, mereka akan diberi tugas untuk bertasbih, berzikir, dan memuliakan Allah SWT.

Dalam penjelasan Ustaz Abdul Somad, terdapat beberapa poin penting mengenai tugas malaikat setelah Nabi Muhammad SAW wafat. Tugas utama malaikat tetaplah bertasbih dan memuliakan Allah SWT. Namun, tugas-tugas lainnya tidak harus dibatasi atau memiliki nama tertentu. Mengingat malaikat adalah makhluk yang di ciptakan oleh Allah SWT, hanya Allah SWT yang mengetahui sepenuhnya mengenai tugas-tugas dan jumlah malaikat di dunia ini.

Baca Juga: