Ancaman Kebakaran Hutan Membuat 20.000 Warga Yellowknife Terpaksa Dievakuasi Akibat Cuaca Ekstrem di Kanada Utara

Ancaman Kebakaran Hutan Membuat 20.000 Warga Yellowknife Terpaksa Dievakuasi Akibat Cuaca Ekstrem di Kanada Utara

Baca Juga:

Kebakaran Hutan Mengancam Kanada Selama Musim Panas

Kebakaran hutan menjadi masalah serius selama musim panas dan cuaca ekstrem di negara-negara empat musim. Setelah terjadi kebakaran hebat di Hawaii dan Spanyol, Kanada juga menghadapi ancaman kebakaran hutan. Kru pemadam kebakaran Kanada sedang berjuang untuk mencegah kebakaran hutan mencapai kota utara Yellowknife, di mana seluruh 20.000 warga sedang dievakuasi.

Ancaman Terhadap Kota Yellowknife

Kebakaran hutan yang bergerak dengan lambat saat ini berjarak 15 km (10 mil) di sebelah barat laut kota Yellowknife. Jika tidak ada hujan, kebakaran ini bisa mencapai pinggiran kota pada hari Sabtu. Para pejabat mengingatkan bahwa dua hari angin barat laut ke barat-barat laut pada Jumat dan Sabtu akan mendorong api menuju kota tersebut.

Kondisi Kekeringan dan Ancaman Kebakaran di British Columbia

Di provinsi British Columbia, kondisi kebakaran juga sangat parah. Pejabat memperingatkan warga untuk bersiap menghadapi kondisi kebakaran yang ekstrem. Perubahan iklim menjadi salah satu faktor utama yang memperburuk masalah kebakaran hutan ini. Kekeringan telah menjadi penyebab jumlah dan intensitas kebakaran yang tinggi. Suhu yang tinggi juga memperparah situasi kebakaran tersebut.

Evakuasi dan Tindakan Pemerintah

Di Yellowknife, ratusan orang telah dievakuasi menggunakan pesawat. Perdana Menteri Justin Trudeau telah mengadakan pertemuan dengan Kelompok Respons Kejadian untuk membahas kebakaran ini. Pemerintah federal sudah siap untuk segera mengangkut warga dengan pesawat jika jalur darat terputus.

Dampak Kebakaran Hutan di Kanada

Kebakaran hutan ini adalah yang terburuk yang pernah dialami Kanada. Lebih dari 1.000 kebakaran aktif terjadi di seluruh negeri, termasuk 265 di Wilayah Barat Laut. Kebakaran ini juga mempengaruhi produksi industri dan energi. Kejadian terkini adalah kebakaran di desa Lytton, British Columbia, di mana 90% strukturnya terbakar habis setelah suhu terpanas yang pernah tercatat di Kanada.

Upaya Pencegahan dan Evakuasi Warga

Wali Kota Yellowknife, Rebecca Alty, sedang melakukan upaya pencegahan dengan menebang pohon-pohon di dekat kota dan menggunakan zat penghambat api. Dua maskapai besar Kanada juga menambah penerbangan dan membatasi tarif untuk membantu evakuasi warga. Pemerintah Alberta juga telah mendirikan pusat penerimaan pengungsi bagi mereka yang pergi dengan jalur darat.

Kesimpulan

Kebakaran hutan yang mengancam Kanada selama musim panas ini menjadi masalah serius yang dihadapi oleh negara tersebut. Kru pemadam kebakaran sedang berjuang untuk mencegah kebakaran mencapai kota-kota dan melindungi warga. Dampak kebakaran juga dirasakan dalam sektor industri dan energi. Upaya pencegahan dan evakuasi terus dilakukan untuk mengatasi masalah ini.

Baca Juga: