Aksi Demo Buruh di Tanggal 10 Agustus 2023, Rute Transjakarta Berubah

Aksi Demo Buruh di Tanggal 10 Agustus 2023, Rute Transjakarta Berubah

Baca Juga:

Pengaruh Aksi Demo Buruh terhadap Layanan Transjakarta

Aksi demo buruh yang dilakukan pada tanggal 10 Agustus 2023 membawa dampak pada sejumlah layanan transportasi, termasuk Transjakarta. Polres Metro Jakarta Pusat telah menyiapkan sekitar 7.000 personel dan melakukan pengalihan arus lalu lintas di Jalan Merdeka Barat untuk mengantisipasi aksi demo tersebut. Akibatnya, beberapa rute bus Transjakarta harus dialihkan agar tetap dapat beroperasi di rute yang terkena dampak demo.

Rute Transjakarta yang Mengalami Penyesuaian pada Demo Buruh

1. **Blok M-Kota (Koridor 1)**
Terdapat penyesuaian rute untuk arah Kota, mengakibatkan tidak dapat dilayani halte Monas dan Bank Indonesia. Namun, untuk wilayah lain beroperasi seperti biasa. Rute pengalihan: Blok M – Sarinah – lampu merah Sarinah keluar jalur – lampu merah Bank Indonesia belok kiri – Jalan Kebon Sirih – Hotel Millenium belok kiri – Jalan Fachrudin – Jati Baru Lurus – Jalan Cideng Barat – lampu merah Tarakan belok kanan – Halte Petojo – lampu merah Harmoni belok kiri – Harmoni – Kota.

2. **Pantai Maju – Balai Kota (1A)**
Rute pengalihan dilakukan untuk arah Pantai Maju sehingga tidak dilayani halte Balai Kota. Namun, arah sebaliknya tetap beroperasi seperti biasa. Rute pengalihan: Jalan Medan Merdeka Selatan – Jalan Medan Merdeka Timur – belok kiri ke Jalan Medan Merdeka Utara (depan istana) – belok kanan menuju lampu merah Harmoni.

3. **Monas – Pulogadung (Koridor 2)**
Rute pengalihan dilakukan untuk arah Pulogadung sehingga tidak dilayani halte Monas, Balai Kota, dan Gambir 2. Namun, arah sebaliknya tetap beroperasi seperti biasa. Rute pengalihan: Dari Halte Pecenongan keluar jalur, lanjut sampai lampu merah Harmoni, putar balik arah Juanda, via pejambon lanjut halte Kwitang untuk halte yang dilalui saat pengalihan tetap pelayanan.

4. **Kalideres – Juanda (Koridor 3)**
Rute ini mengalami pengalihan rute untuk kedua arah. Berikut adalah rute pengalihannya:
– Arah Juanda: Kalideres – Sumber Waras – Cideng – Petojo – Lampu merah Harmoni – Juanda
– Arah Kalideres: Juanda – Lampu merah Harmoni – Lurus Petojo – Cideng – Sumber Waras – Kalideres

5. **PGC – Juanda (Koridor 5)**
Rute pengalihan dilakukan pada kedua arah sehingga tidak dapat dilayani pelanggan untuk sementara pada halte Balai Kota dan Monas. Rute pengalihan:
– Arah Juanda: PGC – Pal putih – kwitang – tugu tani – lurus gambir 1 – istiqlal – juanda – pecenongan putar balik.
– Arah PGC: Pecenongan – Juanda – lurus lampu merah almabar – Budi Utomo – PGC.

Dengan adanya penyesuaian rute pada beberapa koridor Transjakarta tersebut, diharapkan layanan transportasi tetap dapat berjalan dengan baik meskipun terdapat aksi demo buruh pada tanggal 10 Agustus.

Baca Juga: